Langsung ke konten utama

10 Fakta Tentang YouTube Yang Mungkin Belum Anda Ketahui


YouTube. Mungkin kata ini sudah tidak terdengar asing di telinga kita lagi. Ya, YouTube adalah sebuah website Sosial Network yang memiliki fitur untuk membagikan video yang kita miliki.
Tetapi tahukah anda? Orang yang membuat Youtube, Video pertama. dan video yang paling banyak ditonton di Youtube?

  • YouTube dicipakan pada tahun 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Yotube sendiri didanai oleh “Bonus” yang mereka terima setiap bulannya.
  • Pada awal kemunculannya. Konsep YouTube adalah situs video kencan. Akan tetapi, sang pembuat mendapatkan Ide dan mulai merubah konsepnya menjadi situs berbagi atau sharing video ketika terjadi bencana Tsunami 2004 yang melanda Lautan Indian dan kasus puting Janet Jackson yang terekam pada acara Super Bowl.
  • Pernah terjadi kesalahpahaman mengenai domain YouTube yang didaftakan pada hari Valentine tahun 2005. Perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment yang bermarkas di Perrysburg, Ohio melakukan gugatan ke situs YouTube karena mengalami kewalahan trafik yang disebabkan perusahan tersebut memiliki sebuah domain dengan nama u.tube.com. Domain tersebut bila diucapkan hampir mirip dengan YouTube. Namun, gugatan tersebut tidak diterima.
  • YouTube memiliki jutaan video malah samapi milliaran video, tetapi tahukah anda video pertama yang berhasi diunggah di YouTube? Video pertama berhasil diunggah ke Youtube adalah video yang direkam oleh Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego dengan judul “Me at the Zoo”. Didalam video tersebut, berdiri Jawed Karim selaku Co-Founder didepan kumpulan Gajah yang sedang memakan rumput.
  • Video berjudul “Charlie Bite My Finger” merupakan Video yang paling banyak ditonton, disukai dan menjadi favorit di YouTube. Dalam video tersebut sang kakak (Harry) memasukkan jarinya ke mulut sang adik (Charlie). Video menggemaskan yang berdurasi 56 detik ini telah ditonton lebih dari 682 juta kali (Maret 2014).
  • Pada bulan Maret 2014. YouTube memiliki 116 Juta lebih pengunjung unik setiap harinya yang tersebar dari seluruh dunia. Halaman yang dilihat setiap harinya mencapai 1.7 Milyar halaman. Saat ini YouTube menduduki peringkat ke 3 dunia setelah “Google dan Facebook”
  • YouTube terhubung dengan akun social media seperti Facebook, Twitter, Google dan lainnya. Rata-rata link YouTube ditulis di Twitter lebih dari 400 kali per menitnya. Link YouTube yang ada di Facebook pun lebih dari 700 kali perharinya.
  • Penyanyi ber-genre Rock. Rick Astley atau biasa disebut “Rickroll” tampil di YouTube pada tahun 2007 dan The Rickroll telah menjadi bahan candaan didunia maya.
  • YouTube pun merayakan hari April Fools Days. Setiap tahunnya selalu ada video iseng yang berupa Artis ataupun Trend yang di benci. Pada perayaan pertama April Fools Days tahun 2009, semua video memuat cover Rickroll.
  • Pada November 2006. YouTube telah membuat kesepakatan dengan Google. Dalam kesepakatan itu Google membeli seluruh asset yang ada di YouTube seharga 1.65 Trilliun Dollar. Banyak sekali pro dan kontra yang terjadi dalam akuisisi ini. Tercatat lebih dari 200 ribu video yang tidak memiliki copyright dihilangkan.

Jadi, Situs Youtube memiliki banyak fakta menarik, tetapi tidak dapat penulis tuliskan semuanya.


Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini