Langsung ke konten utama

Review Singkat Windows 10 Mobile Final di Lumia 540


Fernayou Blog - Hai kawan FB!
Setelah kemarin saya mengabarkan bahwa Windows 10 Mobile Final sudah dirilis, hari ini saya akan memberikan review singkat saya tentang performa OS Microsoft terbaru ini di Lumia 540 saya. Mungkin pengalaman anda sedikit berbeda dengan pengalaman saya.

Proses Download hingga Install


Saya memulai semua proses sejak pukul 13:14, siang tadi. Proses download yang saya alami lumayan cepat, walaupun pada awal-awal stuck pada angka 8%, namun setelah saya menunggu lebih kurang 10 menit, langsung lompat bagaikan katak ke angka 83%. Sangat cepat! Well, kecepatan download ini tergantung dari WiFi yang sobat FB gunakan juga sih sebenarnya, kalo saya pake WiFi Telkom deket rumah, lumayan lah... :D Proses download selesai sekitar pukul 13:32.

Setelah itu, berjalan proses Preparing to Install yang berlangsung sekitar 10 menitan. Setelah itu, kita akan disuruh untuk merestart handphone, lalu berlanjut ke proses install. Proses install ini lumayan lama, hingga ya... 1 jam kurang kalo dari Lumia saya, selesai pukul kurang lebih 14:30. Langsung ke proses migrasi data. Migrasi data ini kurang lebih makan 30 menit kalo disaya, selesai pukul 15:00.

Oh ya, sebenarnya seluruh proses ini belum selesai, karena sobat pasti akan "nyangkut" di versi 1511.107. Jika sobat FB sudah selesai seluruh proses download dan install, silahkan lanjutkan update hingga versi 1511.164 -jika sobat mau... Saya juga sebenarnya masih nyangkut di build .107...

Performa


Kalo menurut saya, performa Lumia saya tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan Windows Phone 8.1. Namun jika membaca dari blog-blog teknologi lain, Windows 10 Mobile Final ini memiliki performa yang lebih baik dari pada versi Windows 10 Mobile Insider Preview. Ya, namanya juga udah Final.

OS nya ringan banget, pergerakannya smooth, seperti misalnya scroll, animasinya, dan loading udah lumayan juga... Ini baru update pertama, gimana kalo udah update kedua? Pastinya lebih ringan lagi, lebih smooth juga... Well, besok akan saya update setelah saya update Lumia 540 saya ke build selanjunya.

Microsoft Edge


Sekarang kita pindah ke review browser baru Microsoft, Microsoft Edge. Microsoft Edge, atau biasanya disebut Edge sudah punya performa mulus. Kenceng juga, kalo menurut saya. Tampilannya fresh, mirip IE, tapi ada peningkatan, ya... Bener-bener mirip di Windows 10 PC lah... Untuk buka-buka website udah responsive. Jadi, bagus banget untuk dipake berselancar di dunia maya.

Beberapa Icon Apps hilang


Di apps list, ada beberapa icon apps yang tidak tampil setelah proses upgrade selesai. Well, seharusnya sih ini nggak terjadi untuk OS yang sudah berstatus final, tapi yah... begitu. Tapi, sebenarnya ini sih sebenarnya nggak terlalu menggangu, tapi ya begitu...

Di Lumia 540 saya, aplikasi bawaan yang hilang iconnya hanya News dan Weather.

Kesimpulan

Well, menurut saya sih OS ini udah bagus banget, dengan performa yang mulus, smooth, Microsoft Edge yang bagus, dsb. Namun ada bug yaitu icon apps yang hilang. Beberapa review di blog-blog teknologi mengatakan bahwa batterai Lumia menjadi lebih awet dibandingkan dengan Windows 10 Mobile Insider Preview, ini belum saya buktikan karena baru install siang tadi. Selain itu performa Microsoft Camera dikatakan mengalami penurunan dibandingkan dengan app Lumia Camera.


But overall, bagus bener Windows 10 Mobile ini, walaupun baru update pertama (build .107). Istilahnya om Indro sih, "Kompor Gas!."

Saya akan mengupdate post ini setelah saya menginstall update kedua (build .164) di Lumia saya. So, stay tuned.
---
Itu review saya, mana review mu? Bagikan di kolom komentar yuk... :D

Komentar

Anonim mengatakan…
WhatsApp setelah diupgrade gimana ya? apa masih lancar?
Anonim mengatakan…
WhatsApp setelah diupgrade apa masih lancar jaya Gan?
Unknown mengatakan…
masih lancar WA nya,... sipppp
dari notif, misal ada pesan atau chat, kita bisa langsung balas tanpa buka pesan / aplikasinya
lumayan berasa HP baru,...karena masih belum explore banyak,...hehe
Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20