Langsung ke konten utama

Belajar Buat Website? Emang Penting?

Fernayou Blog -
Website, atau situs web adalah halaman virtual yang menyediakan berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, video, atau kombinasi yang menggunakan sebuah protokol dan server agar dapat online. Situs ini biasanya hanya dapat dibuka melalui jaringan internet, entah dari jaringan internet wireless (contoh: WiFi) atau wired (contoh: melalui LAN; Local Area Network).

Website dapat di bagi menjadi website statis dan website dinamis. Website statis adalah website dengan konten atau halaman yang didesain untuk tidak diperbaharui secara berkala. Oleh sebab itu, pembaraharuan halaman di website statis ini dilakukan secara manual. Contoh website statis adalah website perusahaan atau jasa, atau laman seperti contact us atau about us di dalam suatu blog. Sementara website dinamis adalah kebalikan dari website statis, dimana website ini memang memiliki halaman-halaman yang dimaksudkan agar diperbaharui secara berkala. Oleh sebab itu, website jenis ini akan memiliki beberapa server dengan tool penerjemah kode dan software manajemen data seperti MySQL. Contoh website dinamis adalah blog.


Untuk menciptakan suatu website, dapat melalui 2 cara, yaitu membuatnya dari sistem yang sudah ada, dan mulai dari nol. Membuat website dari sistem yang sudah ada adalah cara yang paling mudah untuk menciptakan suatu website. Biasanya hanya dengan mengisi beberapa form, website sudah jadi. Namun karena kemudahan tersebut, maka membuat website dengan cara ini akan memiliki banyak sekali keterbatasan. Hal ini terjadi karena Anda dapat mengedit atau merubah website Anda hanya dengan tool-tool yang disediakan saja. Berbeda dengan membuat website mulai dari nol, Anda harus menciptakan website Anda dengan banyak barisan kode. Hal ini memang akan memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak, namun teknik ini dapat memberikan keluasan kepada Anda dalam menciptakan, mengedit, maupun merubah tampilan, konten, dan sebagainya dari website Anda.

 Jadi, Apa Pentingnya Belajar Membuat Website?

Setelah mengetahui tentang dasar-dasar dari suatu website, berikut ini saya akan sedikit jelaskan, apa pentingnya belajar membuat website.
1. Secara tidak langsung belajar HTML, CSS, dan kawannya

Dengan belajar membuat website, kita secara tidak langsung (bahkan dapat secara langsung) belajar bahasa pemrograman web, seperti HTML, CSS, dan kawan-kawannya. Apa pentingnya mempelajari bahasa pemrograman tersebut? Dengan mempelajari bahasa pemrograman HTML, CSS, dan sejenisnya, dan menguasainya dapat menambah kemungkinan Anda mendapat pekerjaan akan lebih besar. Mengapa? Penguasa atau programmer bahasa pemrograman seperti itu adalah salah satu dari 7 kemampuan IT yang paling dicari oleh perusahaan IT. Programmer bahasa pemrogramam ini dibutuhkan untuk menjaga keindahan, fungsi, dan fungsionalitas dari suatu website perusahaan agar tetap terlihat profesional.

2. Menghemat pengeluaran

Menghemat pengeluaran dalam poin ini berarti menghemat pengeluaran jika Anda ingin menciptakan website Anda sendiri, entah untuk tujuan komersil maupun pribadi. Mengapa? Dengan belajar membuat suatu website, Anda setidaknya memiliki dasar dalam pembuatan website Anda. Jadi, Anda tidak perlu membayar orang untuk menciptakan website Anda. Saya ambil contoh, salah satu jasa pembuatan website profesional mematok harga Rp2.5 juta untuk pembuatan suatu website. Oh ya, harga tersebut adalah harga setelah didiskon, harga sebelum diskon bahkan mencapai Rp3 juta rupiah! Jika Anda memiliki pengetahuan tentang penciptaan website, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dalam penciptaan website Anda.

 3. Dapat menjadi lahan bisnis
Seperti yang saya sebutkan di atas, harga jasa pembuatan website ada yang mencapai Rp3 juta rupiah. Dari situ, Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda dalam menciptakan website untuk membuat jasa pembuatan website. Mungkin untuk baru-baru, harga yang Anda patok tidak perlu terlalu tinggi, namun semakin kesini, kemampuan Anda dalam menciptakan website profesional semakin meningkat. Di saat itulah Anda dapat menawarkan pekerjaan Anda pada pemilik usaha dan dapat mematok harga yang lebih tinggi lagi. Dari pengetahuan saat Anda belajar membuat website, dapat Anda ubah menjadi pekerjaan yang memiliki bayaran yang terbilang lumayan. Mau?

Tempat Belajar Membuat Website

Bagaimana? Menarik, bukan, jika Anda belajar membuat website. Namun, belum tahu dimana tempat untuk belajar membuat website? Berikut ini beberapa tempat yang saya rekomendasikan sebagai tempat untuk membuat website.


1. Melalui tutorial-tutorial di internet
Masa sudah canggih, pertukaran informasi mudah terjadi di dunia sekarang ini oleh karena perkembangan teknologi internet yang sangat pesat. Anda dapat memanfaatkan internet yang Anda miliki untuk mencari berbagai tutorial-tutorial tentang bagaimana membuat website di internet. Berbagai tutorial telah tersedia, tinggal Anda yang pintar-pintar mencari informasi tersebut.
2. Melalui buku
 
Selain melalui internet, buku juga dapat menjadi sumber informasi yang masih populer hingga sekarang ini. Seperti kata pepatah, “buku adalah jendela dunia,” di dalam buku-buku, kita dapat menemukan berbagai informasi, tak terkecuali tentang bagaimana membuat website. Bagi Anda yang malas berlama-lama di depan komputer atau Anda yang memikirkan kesehatan mata Anda, Anda dapat menggunakan buku-buku yang dapat Anda beli sebagai sumber informasi Anda dalam belajar.
3. Melalui kursus

Jika menurut Anda informasi yang ada di internet maupun buku kurang untuk Anda pelajari, Anda dapat mengikuti berbagai kursus untuk belajar. Kursus-kursus ini dapat Anda ikuti, offline maupun online. Jika offline, Anda dapat mencari tempat kursus membuat website di sekitar tempat tinggal Anda. Untuk online, Anda bahkan dapat belajar di rumah Anda sendiri. Kursus membuat website di internet banyak tersebar. Salah satu tempat kursus nomor satu yang saya ketahui adalah DUMET School.

DUMET SCHOOL, BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SAMPAI BISA!

DUMET School, menurut websitenya adalah lembaga kursus yang bergerak di bidak pendidikan khususnya kursus website, digital marketing, dan desain grafis. Kursus satu ini memiliki 5 cabang yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok.

Dengan mendaftar dan belajar di DUMET School ini (dalam kasus ini untuk membuat website), Anda akan langsung belajar dan praktek untuk membuat website profesional dengan dibimbing step by step oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Selain itu, Anda akan mendapatkan sebagai berikut.



Namun, sebenarnya, DUMET School bukan saja mengajari atau tempat kursus membuat website. Memang apa saja program DUMET School yang lainnnya? Ini dia,
Bagaimana? Menarik, bukan? Namun bukan itu saja. Mengapa harus memilih DUMET SCHOOL?

Bagaimana? Menarik sekali, bukan? Ikut belajar di DUMET School. Tunggu apa lagi? Silahkan belajar membuat website di DUMET School. Anda dapat mendaftarkan diri Anda di DUMET School di:

Kelapa Gading 
Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, 
Jalan Boulevard Artha Gading Kelapa Gading, 
Jakarta Utara 14240 
(Belakang Mall Artha Gading) 
Telp: (021) 4585-0387

Grogol 
Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23 
Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, 
Jakarta Barat 11470 
(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II) 
Telp: (021) 2941-1188

Srengseng 
Ruko Permata Regensi Blok B - 18, 
Jalan Haji Kelik Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630 
(Depan Hutan Kota Srengseng) 
Telp: (021) 5890-8355

Depok 
Ruko Jalan Kartini Raya No. 53 Pancoran Mas, 
Depok 16436 (± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok) 
Telp: (021) 7720-7657

Tebet
Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 
(Samping Universitas Sahid). 
Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam 
(± 1 Menit dari Tugu Pancoran) Jakarta Selatan 
12870 Telp: (021) 2298-3886
Dumet School buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00
---
BONUS, INFOGRAPHIC
 
***
#Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog DUMET School. Untuk info lebih lanjut, silahkan klik baner berikut ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini