Langsung ke konten utama

Pamali: Indonesian Folklore Horror, Sebuah Game Horor Indonesia dengan Konsep yang Unik

Adek, jangan main sampai maghrib, nanti di culik sama Wewe Gombel, lho..
Jangan bersiul malam-malam, nanti di cari sama hantunya lho...
Jangan ngomong kasar di sini, ada penunggunya.
 Pernah mendengar hal-hal semacam di atas? Biasanya saat kecil, kita kadang-kadang diberikan berbagai nasihat tentang berbagai hal yang boleh dan tidak boleh di lakukan. Beberapa contohnya adalah kalimat-kalimat di atas. Nasihat-nasihat seperti itu biasanya disebut sebagai pamali.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pamali (pa.ma.li) diartikan sebagai sesuatu yang tabu, suatu larangan ataupun pantangan. Dari sini, kita dapat mengartikan pamali sebagai suatu hal yang dianggap tabu dan menjadi larangan atau pantangan untuk dilakukan yang jika dilakukan dipercaya akan menimbulkan hal yang buruk. Di Indonesia, kita banyak mengenal pamali, dan banyak dari pamali itu terkesan horor. Nah, dari berbagai pamali yang terkenal di Indonesia, suatu studio game asal Bandung mencoba untuk mengangkat setidaknya 4 pamali yang berhubungan dengan mahluk halus.

StoryTale Studio adalah studio game asal Bandung yang membuat game dengan judul Pamali: Indonesian Folklore Horror ini. Studio game ini mengangkat setidaknya empat cerita untuk mengangkat pamali atau cerita turun menurun yang ada di Indonesia. Dengan setidaknya empat cerita tersebut, sobat dapat bertemu dengan berbagai mahluk halus Indonesia, misalnya saja Kuntilanak, Pocong, Tuyul, dan Leak.

Konsep gameplay dari Pamali: Indonesian Folklore Horror ini sedikit berbeda dari game horor biasanya. Game ini lebih menekankan bagaimana keputusan pemain dalam berinteraksi dengan benda-benda yang adai di dalam permainan ini. Berbagai keputusan yang dibuat pastilah akan menyebabkan sesuatu hal yang lain. Jika keputusan yang dibuat buruk, maka akan terjadi hal yang buruk pula; begitu sebaliknya.

Jika dilihat dari gameplaynya, terlihat bahwa game ini bukan seperti game yang 'hanya' dibuat untuk kesenangan belaka. Maksudnya? Terlihat bahwa game ini memiliki graphic yang lumayan baik dan juga dengan musik yang dapat mewarnai permainan dengan lebih mencekam.
Untuk sementara ini, game Pamali: Indonesian Folklore Horror versi fullnya ini masih belum dapat diunduh. Namun, jika sobat tertarik untuk mencoba game horror Indonesia ini, sobat dapat mencoba versi Demonya yang dapat sobat download di link-link berikut:
Jika sobat benar-benar penasaran dengan gameplaynya, sobat dapat mencari berbagai gameplay demo dari game ini di YouTube. Sejauh ini sudah lumayan banyak YouTuber yang mencoba untuk memainkannya. Walaupun masih versi demo, namun gameplaynya terlihat sangat menjanjikan.

---
Untuk versi fullnya sendiri akan dirilis oleh StoryTale Studio pada quarter keempat di 2018 ini, yang artinya akan dirilis sekitar bulan Oktober, November, dan Desember. Namun, studio ini juga memerlukan dana untuk mengembangkan game ini dan membuatnya menjadi game yang siap dirilis. Oleh sebab itu, jika sobat tertarik dengan game ini dan ingin membantu studio ini untuk mengembangkannya, sobat dapat berdonasi melalui halaman Kickstarter yang mereka miliki.
Dengan berdonasi, sobat akan mendapatkan berbagai kelebihan eksklusif. Informasi selengkapnya dapat sobat lihat di halaman Kickstarter mereka.



Komentar

Postingan populer dari blog ini