Langsung ke konten utama

Cara Menginstall Ekstensi Chrome di Edge

Fernayou Blog - Hai kawan FB! Bagaimana kabarnya? Semoga semua baik saja.
Setelah beberapa hari yang lalu saya membagikan artikel tentang Microsoft Edge berbasis Chromium yang sudah resmi dirilis untuk insider, kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial yang masih berhubungan dengan browser ini.

Nah, seperti yang kita ketahui, Microsoft Edge sebenarnya memiliki performa yang baik. Namun, salah satu kekurangan yang dimiliki oleh browser Microsoft ini adalah kekurangan yang mirip dengan kekurangan yang dialami oleh sistem operasi mobile Microsoft, yaitu Windows Phone. Seperti Windows Phone yang memiliki aplikasi sedikit, begitu juga dengan Microsoft Edge yang memiliki ekstensi yang tidak sebanyak browser lain. Padahal, ekstensi sendiri dapat dikatakan sebagai fitur yang sangat dibutuhkan oleh pengguna browser karena fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna.

Nah, dengan pindahnya engine yang digunakan oleh Microsoft Edge ini ke Blink (awalnya EdgeHTML), maka Microsoft Edge juga mendapatkan beberapa fitur yang dimiliki oleh Chromium dan Google Chrome; salah satunya adalah dukungan untuk ekstensi Chrome. Ya, sobat tidak salah baca, Microsoft Edge mendukung ekstensi yang diciptakan untuk Chrome. Itu artinya, sobat dapat menginstall ekstensi yang berada di toko daring Chrome. Melihat kelebihan ini, itu artinya Microsoft telah setidaknya berhasil memperbaiki kekurangan yang dimiliki Edge, yaitu kekurangan ekstensi.

Tapi, fitur ini sendiri tidak aktif secara default. Namun, jika sobat ingin mengaktifkan fitur ini, ada cara yang sangat mudah untuk sobat lakukan. Penasaran? Berikut ini adalah caranya.

Menginstall Ekstensi Chrome di Edge

Jadi, seperti yang saya tuliskan di atas, Microsoft Edge yang beru ini mendukung ekstensi yang diciptakan untuk Chrome. Itu artinya, browser ini mendukung ekstensi yang diciptakan khusus untuk Edge yang dipublish di Microsoft Store, dan juga mendukung ekstensi yang diciptakan untuk Google Chrome yang dipublish di Chrome Web Store. Untuk menginstallnya, sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pertama, sobat buka Microsoft Edge berbasis Chromium sobat. Cara ini dapat digunakan untuk Edge versi Canary maupun Developer. Jika sobat belum punya, silakan unduh di tautan berikut.
  2. Setelah itu, sobat masuk ke bagian menu Extensions; caranya klik tiga titik (...) di bagian kanan atas aplikasi, lalu klik Extensions.
  3. Setelah itu, di bagian kiri bawah aplikasi, sobat akan menemukan menu yang bertuliskan "Allow extention from other stores." Sobat aktifkan menu tersebut.
  4. Setelah sobat aktifkan, sobat sudah dapat menginstall ekstensi-ekstensi yang ada di Chrome Web Store. 

Untuk cara menginstallnya sendiri, sobat dapat menginstall seperti biasa; yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk Chrome Web Store.
  2. Pilih ekstensi yang sobat ingin install; dalam hal ini saya akan menginstall ekstensi Forest, ekstensi untuk membuat sobat dapat lebih fokus dalam pekerjaan
  3. Lalu klik Add to Chrome; lalu klik Add extension.
  4. Tunggu ekstensi selesai diunduh dan diinstall oleh Edge. Setelah selesai, maka ekstensi akan langsung aktif.
  5. Di tampilan menu daftar ekstensi Edge, browser ini akan memisahkan ekstensi yang diunduh dari Microsoft Store maupun dari store lain (misalnya Chrome Web Store ini).
  6. Selesai! Sobat sudah dapat menginstall ekstensi untuk Chrome di Edge!
---
Bagaimana menurut sobat? Apakah fitur yang dibawa oleh browser Edge yang baru ini sangat berguna untuk sobat? Atau malah memperberat browser? Bagikan semua opini sobat di kolom komentar ya...

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir, semoga artikel ini bermanfaat! See ya!

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini