Langsung ke konten utama

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Edge Chromium

Fernayou Blog - Hai kawan! Bagaimana kabarnya? Semoga baik.
Okey, melanjutkan artikel sebelumnya dimana saya membagikan link unduh untuk bocoran Edge berbasis Chromium, kali ini saya akan membagikan satu tutorial sederhana yang masih menyangkut Edge berbasis Chromium ini.

Nah, untuk tutorial pertama ini, saya akan membagikan cara untuk mengaktifkan Dark Mode di browser ini. Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu belakangan, dark mode seperti menjadi salah satu mode yang paling disukai, dan saya adalah salah satu orang itu. Mode gelap seperti ini memang menurut saya sangat baik, apalagi untuk sobat yang menggunakan perangkat sobat dalam waktu lama. Mode gelap ini memungkinkan sobat memiliki tampilan aplikasi di perangkat sobat yang memiliki mayoritas warna gelap yang membuat mata sobat dapat bekerja lebih ringan jika dibandingkan jika menggunakan mode cerah. Selain itu, jika layar perangkat sobat menggunakan teknologi OLED, maka mode gelap ini dapat menghemat baterai sobat.

Nah, dalam Edge berbasis Chromium ini, sobat tidak dapat menggunakan mode gelap dari pengaturan yang ada di dalam aplikasi. Jika sobat mencoba untuk mencarinya di pengaturan, maka sobat tidak akan menemukannya. Jadi, bagaimana caranya untuk mengaktifkan mode gelap di Edge berbasis Chromium ini? Tanpa banyak basa-basi, berikut ini adalah caranya.

Dark Mode di Chromium Based Edge

Untuk mengaktifkan Dark Mode di Edge berbasis Chromium, sobat dapat mengikuti tutorial berikut ini.
  1. Buka aplikasi Edge dan di Address Bar Edge, sobat ketik "edge://flags" yang akan mengantarkan sobat menuju fitur-fitur eksperimen untuk Edge ini.
  2. Setelah itu, cari flag dengan judul "Microsoft Edge Theme" atau sobat dapat memasukkan kata kunci "dark" ke search bar halaman edge://flags. Jika sobat mencari menggunakan kata kunci "dark" menggunakan search bar halaman tersebut, maka sobat akan menemukan hasil seperti berikut.Nah, untuk mengaktifkan mode gelap, sobat hanya perlu mengubah pilihan Default menjadi Enable di flag Microsoft Edge Theme. Untuk yang bawah (Developer Tools Edge themes) itu merupakan tema gelap untuk menu Developer Tool Microsoft Edge ini (yang sebenarnya sudah dalam mode gelap secara default). Penampakan Developer Tools seperti dibawah.
  3. Jika sudah sobat ganti menjadi Enable, silakan klik tombol Relaunch Now untuk memulai ulang Edge sobat.
  4. Selesai! Sekarang sobat memiliki tampilan mode gelap dalam Edge berbasis Chromium sobat. Selamat menikmati!

Oh ya, sebagai sedikit perbandingan, sobat dapat melihat perbedaan saat Edge dalam mode cerah (light mode) dan dalam mode gelap (dark mode) berikut ini (termasuk Developer Tools).
Edge Light Mode

Edge Dark Mode
---
Bagaimana? Apakah menurut sobat Edge terlihat lebih baik dalam mode gelap atau terang? Apakah sobat lebih suka mode gelap atau terang, dalam aplikasi apapun? Bagikan semuanya di kolom komentar ya..

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat.

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini