Langsung ke konten utama

#2019TanamPohon: Menanam Pohon Sambil Mengurangi Adiksi Smartphone dengan Forest

Fernayou Blog - Hi kawan FB!
Bagaimana kabarnya? Semoga baik.
Ok, beberapa bulan yang lalu, saya membagikan satu artikel tentang sobat yang dapat menanam pohon sambil mencari informasi. Melalui artikel tersebut, sobat akan mengetahui satu website yang memberikan service selayaknya Google, namun sebagian profit yang didapatkan akan digunakan untuk menanam pohon. Untuk selengkapnya, sobat dapat melihat artikel tersebut di sini.

Nah, kali ini, saya akan mencoba untuk melanjutkan untuk #2019TanamPohon. Untuk kali ini, sobat masih tidak perlu untuk keluar dari rumah untuk dapat menanam pohon. Mengapa? Karena di artikel ini, sobat akan dapat menanam pohon dengan menggunakan aplikasi ponsel saja. Penasaran? Teruskan membacanya.

Jadi, seperti judul artikel ini, aplikasi yang akan saya bahas kali ini bernama Forest. Aplikasi ini sendiri merupakan aplikasi sederhana yang memiliki tujuan agar sobat dapat fokus pada pekerjaan, pembelajaran, atau apapun. Bagaimana caranya? Sederhana, dengan 'mengunci' sobat dari ponsel sobat.

Cara menggunakannya adalah, sobat akan menanam pohon virtual di ponsel sobat selama waktu yang sobat tentukan sendiri. Waktunya sendiri, hingga saat ini, belum dapat benar-benar di custom. Pilihan waktu yang dapat sobat pilih sendiri dari 10 menit hingga 120 menit. Jika sobat telah menanam pohon virtual tersebut, sobat tidak boleh keluar dari aplikasi tersebut hingga waktu yang sobat tentukan habis. Jika sobat keluar dari aplikasi, maka pohon yang sobat tanam tersebut akan mati. Namun jika sobat berhasil, maka sobat akan mendapatkan sejumlah koin virtual. Koin tersebut dapat sobat gunakan untuk beberapa hal, seperti misalnya membeli jenis pohon atau menanam pohon asli. Sesederhana itu sebenarnya. Namun, beberapa kali saya menggunakan, saya merasa dapat lebih fokus untuk melakukan sesuatu karena gangguan terbesar saat saya beraktivitas biasanya adalah ponsel saya sendiri.

Untuk menanam pohon asli, seperti yang saya tuliskan di atas, sobat cukup mengumpulkan 2500 koin untuk menanam satu pohon. Tenang saja, cara mendapatkan koin di aplikasi ini saya pikir sangat mudah. Namun, untuk pengguna Android, fitur ini tidak akan terbuka kecuali sobat membeli versi Pro dari aplikasi ini. Untuk pengguna iOS, saya kurang tahu, karena saya belum memiliki perangkat iOS untuk mencoba menggunakan aplikasi ini. Salah satu kekurangan lainnya adalah sobat hanya dapat menanam maksimal lima pohon asli melalui aplikasi ini.

Sebagai informasi, melalui website resminya dan halaman tress.org (lembaga yang bekerja sama dengan aplikasi ini untuk menanam pohon), jumlah pohon yang telah ditanam adalah sekitar 400 ribu lebih pohon.

Namun, jika sobat tidak ingin menanam pohon menggunakan aplikasi ini, setidaknya aplikasi ini dapat membantu sobat dalam mengembalikan fokus sobat dalam melakukan berbagai hal, atau mengurangi adiksi sobat terhadap smartphone sobat.

Oh ya, sebelum mengunduhnya, berikut ini adalah kumpulan screenshot dari Forest App ini.



Jika sobat tertarik mengunduh aplikasi ini, silakan unduh melalui dua tombol di bawah. Sobat dapat mengunduh dan menginstall aplikasi ini di perangkat Android maupun iOS sobat. Untuk Android, aplikasi ini adalah aplikasi gratis, namun untuk pengguna iOS, aplikasi ini memiliki harga $1.99.
Get it on Google Play
Demikian, semoga bermanfaat untuk sobat. Sampai berjumpa lagi!
---
Google Play and the Google Play logo are trademarks of Google LLC.
Apple, the Apple logo, iPhone, and iPad are trademarks of Apple Inc., registered in the U.S. and other countries and regions. App Store is a service mark of Apple Inc.

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini