Langsung ke konten utama

#2019TanamPohon: Mencari Informasi Sambil Menanam Pohon dengan Ecosia

Fernayou Blog - Hai kawan FB... Selamat tahun baru 2019! Walaupun agak telat, tapi setidaknya ini masih menjadi awal-awal lembaran di buku yang berjudul 2019 ini.

Well, untuk artikel pertama yang dipublikasikan di tahun 2019 ini, saya akan sedikit membahas tentang bumi kita ini. Yup, planet bumi, yang literally planet bumi ini.

Jadi, seperti yang kita ketahui, tahun demi tahun berlalu, banyak permasalahan yang kita hadapi yang berhubungan dengan polusi yang ada di bumi kita ini. Nah, salah satu permasalah tersebut juga adalah pohon yang semakin lama semakin berkurang oleh penebangan massal yang kita lakukan. Apa lagi jika bukan untuk berbagai produk yang... yeah, banyak hal.

Dengan berkurangnya pohon yang ada di dunia, maka beberapa permasalahan lainnnya pun mulai bermunculan. Misalnya, jumlah gas rumah kaca yang semakin banyak, pemanasan global, dan sebagainya. Walaupun permasalahan-permasalahan tersebut tidak hanya disebabkan oleh berkurangnya pohon, namun berkurangnya pohon ini juga berpengaruh besar terhadap permasalahan tersebut.

Nah, untuk itu, banyak aksi-aksi yang ingin kembali menanam pohon-pohon yang telah ditebang agar setidaknya permasalah yang dunia ini hadapi dapat berkurang atau dampaknya dapat diperlambat. Salahs satu aksi tersebut tercermin dalam visi suatu perusahaan non-profit, yaitu Ecosia. Saya menyebut perusahaan ini non-profit karena mereka mengaku menggunakan seluruh profit yang mereka dapat untuk menanam pohon di berbagai tempat di belahan dunia ini. Untuk itu, mari kita berkenalan dengan Ecosia.

Mencari Informasi = Menanam Pohon

Ecosia ini merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang mesin pencari, sama seperti Google dan Bing. Berdiri sejak tahun 2009, hingga sekarang telah menanam lebih dari 25 juta pohon di berbagai tempat di belahan dunia. Oh ya, berdasarkan data dari Ecosia sendiri, dikatakan rata-rata untuk menanam satu pohon dibutuhkan setidaknya 45 pencarian. Jadi, dengan 45 kali mencari informasi menggunakan Ecosia, kita sudah menanam satu pohon. Database yang mereka gunakan sendiri sebenarnya merupakan database dan service yang diberikan oleh Bing. Maka dari itu, jika sobat mencoba untuk mencari suatu kata kunci di Ecosia, maka sobat akan mendapatkan hasil yang sama di Bing.

Jadi, konsep yang dibawa oleh mesin pencari ini sangat sederhana. Sobat mencari suatu informasi dengan memasukkan kata kunci, maka sobat akan diberikan hasil pencarian dan juga iklan yang diberikan oleh Bing. Nah, setiap kali sobat melihat atau mengklik iklan tersebut, Ecosia akan mendapatakan pendapatan dalam rupa uang. Nah, dari pendapatan tersebut, perusahaan ini akan menggunakan sebagian biaya operasi dan sebagainya. Nah, sisa, atau yang biasa disebut sebagai profit dari pendapatan tersebut akan digunakan untuk menanam pohon di berbagai belahan dunia.
Ecosia ini pun termasuk transparan untuk penggunaan uang yang mereka dapatkan. Mereka memberikan laporan keuangan setiap bulan. Namun, mereka telah memberi tahu juga bahwa laporan keuangan mereka mungkin akan terlambat diterbitkan selama 6 minggu oleh karena banyak yang ikut berpatisipasi dalam laporan tersebut. Yeah, saya pikir itu dapat diterima. Jika sobat ingin melihat laporan keuangan yang mereka terbitkan, anda dapat menuju halaman laporan keuangan mereka melalui tautan berikut.

Oh ya, perlu diketahui juga, mesin pencari ini juga menggunakan energi terbaharukan untuk menghidupkan kantor dan server yang mereka gunakan. Dengan menggunakan energi tersebut, tentu saja perusahaan ini dapat mengurangi penggunaan CO2.

Daerah yang Ditanam

 Setelah mengenal sedikit, mungkin sobat sejak tadi bertanya, di daerah mana saja Ecosia ini menanam pohon? Dari tadi kok cuma bilang berbagai belahan dunia. Nah, berdasarkan data yang saya ambil dari Document Ecosia, setidaknya ada 10 daerah yang telah ditanami pohon oleh Ecosia ini. Berikut ini adalah daftarnya:
  • Ethiopia
  • Morocco
  • Ghana
  • Uganda
  • Brazil
  • Peru
  • Tanzania
  • Madagascar
  • Burkina Faso
  • Indonesia
Jika sobat tertarik untuk melihat foto kegiatan mereka di masing-masing daerah, sobat dapat menuju tautan berikut.

Certified B Corporation

Ecosia ini juga telah mendapatkan sertifikat B Corporation sejak tahun 2014, bulan April. Tapi, apa artinya sertifikat itu? Sertifikat B Corp sendiri (saya ambil penjelasannya dari Bisnis.com) merupakan sertifikat yang diberikan kepada perusahaan yang telah mampu menjadi agen perubahaan untuk sosial dan lingkungan ke arah yang lebih baik. Jadi, perusahaan yang telah memiliki sertifikat ini dapat dipastikan tidak hanya mencari keuntungan, namun juga bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial di sekitar perusahaan tersebut.

Untuk mendapatkan sertifikat ini pun, perusahaan harus melalui audit berdasarkan standar yang telah diberlakukan. Dalam proses inipun, B Corporation Association, pemberi sertifikat ini akan mendukung perusahaan-perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikatnya agar dapat memperbaiki sistem dan tata kelola perusahaan agar dapat sesuai dengan standar. Dalam sertifikasi ini, suatu perusahaan minimal memiliki skor umum sebesar 80. Ecosia sendiri memiliki skor 113.4 untuk sekarang ini. Jika sobat tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan klik tautan berikut ini.

Menjual Fashion Ramah Lingkungan

Selain menanam pohon dari pendapatan yang di dapatkan dari iklan yang sobat lihat melalui mesin pencarinya, Ecosia juga menjual berbagai bentuk fashion ramah lingkungan. Pendapatan dari penjualan inipun akan digunakan untuk menanam pohon seperti misi sebelumnya. Desain yang diusungpun lumayan menarik, menurut saya.

Fashion yang diusungpun lumayan banyak dengan berbagai desain, ada t-shirt, tops, jumpers, dan hoodie. Selain itu, Ecosia juga memberikan desain khusus untuk baju anak-anak. Untuk harganya sendiri, saya tidak akan bilang harganya murah karena mata uang yang digunakan adalah dollar, euro, dan pound sterling. Jika sobat tertarik dengan fashion yang mereka jual, silakan berkunjung ke tautan berikut.

#2019TanamPohon

Jadi? Bagaimana? Setelah membaca artikel ini dan berkenalan dengan mesin pencari Ecosia, sudah siap untuk tanam pohon? Sederhana saja, bukan? Tanpa perlu mengeluarkan uang, sobat dapat membantu untuk kembali menghijaukan bumi ini. Hanya dengan mencari informasi di internet, untuk berbagai keperluan, sobat sudah dapat menghijaukan kembali bumi ini. Jika sobat ingin lebih membantu, sobat dapat juga membeli fashion yang mereka jual. Selain mendapat fashion yang keren dan ramah lingkungan, sobat juga sudah membantu lebih lagi terhadap aksi mereka. Jadi, sudah siap untuk #2019TanamPohon?

Bagaimana menurut sobat tentang mesin pencari ini? Tuliskan semuanya di kolom komentar ya. Bantu hijaukan bumi ini dengan membagikan artikel ini atau mesin pencari Ecosia tersebut.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. See ya!

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20