Langsung ke konten utama

Microsoft Edge Berbasis Chromium Sudah Resmi Dirilis untuk Insider!

Fernayou Blog - Hi kawan FB! Bagaimana kabarnya? Semoga semua baik saja.
Setelah beberapa hari yang lalu, saya membagikan artikel dimana sobat dapat mengunduh browser Microsoft Edge yang baru, dimana browser ini merupakan browser turunan dari project open source Chromium. Namun, dalam artikel tersebut, versi Microsoft Edge yang saya bagikan adalah versi yang tidak resmi karena merupakan bocoran dari proyek Microsoft sendiri.

Namun, sekitar tanggal 8 April kemarin, Microsoft telah secara resmi merilis proyek ini secara resmi kepada Insider. Insider sendiri merupakan sebutan Microsoft untuk orang-orang yang menjadi beta-tester dalam banyak produk Microsoft; Windows dan Microsoft Edge ini adalah salah satunya.

Perlu diingat bahwa proyek ini belum dapat dikatakan sebagai proyek yang sudah 'stabil' atau sudah final. Untuk proyek ini, Microsoft masih hanya akan merilis browser ini untuk keperluan testing dan pengenalan browser ini beserta fitur baru yang masih terus dikembangkan.

Oh ya, yang menarik adalah karena Microsoft Edge yang baru ini menggunakan proyek open source Chromium sebagai dasarnya, maka kebanyakan sistem operasi dapat menjalankan proyek beta ini; walau untuk sekarang, masih eksklusif untuk Windows 10. Jadi, dalam beberapa waktu lagi, sobat yang masih menggunakan Windows 7, 8, 8.1, atau bahkan MacOS dapat merasakan pengalaman menggunakan browser Edge yang sekarang tidak eksklusif pada sistem operasi Windows 10 lagi.

Kembali lagi pada pengembangan Microsoft Edge ini, Microsoft membagi versi 'beta' browser ini menjadi tiga channel. Channel pertama adalah bagian Canary, yaitu browser yang dapat dikatakan paling tidak stabil. Browser Canary ini akan diupdate setiap hari (atau setiap malam, dari penjelasan Microsoft), dan sobat yang menggunakannya akan melihat perkembangan browser ini setiap hari. Channel kedua dari browser tahap percobaan ini adalah Developer. Channel ini merupakan browser yang lebih stabil jika dibandingkan dengan Channel Canary dan update yang dilakukan setiap minggu. Jadi, jika sobat menggunakan channel ini, sobat akan mendapatkan update dan melihat perkembangan browser ini setiap hari. Channel terakhir adalah Edge Beta. Versi ini dapat dikatakan sebagai versi paling stabil dari versi beta Microsoft Edge. Hal ini dapat terjadi karena penambahan dan percobaan fitur-fitur baru dilakukan setiap enam minggu sekali. Namun, hingga artikel ini ditulis, channel Beta masih belum tersedia.


Nah, untuk sobat yang menggunakan sistem operasi selain Windows 10, sobat masih belum dapat mencoba menggunakan browser Edge ini. Mungkin hingga sekarang Microsoft masih melakukan pengembangan agar kompatibilitas browser ini dapat berjalan dengan baik dan lancar di sistem operasi lain, seperti Windows 7, 8, 8.1, maupun MacOS.

Jika sobat sudah tidak sabar untuk mencoba peramban ini, sobat dapat langsung menuju website Microsoft Edge Insider. Dari sana, sobat akan mendapatkan beberapa informasi tentang apa saja yang baru, tautan unduh, komunitas, dan sebagainya.

---
Bagaimana? Apakah sobat telah mencoba menggunakan browser ini? Atau sobat masih mencintai browser yang sobat gunakan sekarang? Atau sobat lebih memilih versi Edge yang bocor beberapa lalu? Bagikan semuanya di kolom komentar!

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian!

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini