Langsung ke konten utama

Youtube Miniplayer Sudah Hadir di Desktop! A Little Review


Fernayou Blog - Hai sobab FB! How's you doing so far?
Beberapa bulan yang lalu, Google melalui YouTube pernah mengumumkan akan menambahkan fitur "Miniplayer" untuk YouTube versi desktop atau komputer. Tentu saja untuk versi webnya. Fitur ini saya katakan akan sangat berguna untuk pengguna YouTube, khususnya orang-orang yang memang sering berputar-putar di website berbagi video terbesar di dunia itu, seperti saya. Tapi, tunggu. Apa itu fitur "Miniplayer"? Mari kita lihat dan berkenalan dengan fitur ini terlebih dahulu.

Miniplayer on YouTube App

Jika sobat pernah menggunakan atau melihat aplikasi YouTube di Android maupun iOS, sobat mungkin akan kenal dengan fitur YouTube saat seperti di bawah ini:
Fitur itu, seperti yang sobat ketahui akan muncul jika sobat keluar dari video yang sedang sobat tonton dan ingin mencari video lain yang ada di YouTube, bukan? Nah, fitur ini akan sangat berguna untuk sobat yang masih ingin mendengarkan video satu namun juga ingin mencari video lain yang akan sobat tonton setelah itu. Fitur seperti itulah yang disebut sebagai Miniplayer oleh YouTube. Nah, jika sobat sudah paham dengan fitur Miniplayer, maka mari kita lanjutkan artikelnya.

Miniplayer on Desktop Web

Nah, setelah mengumumkan akan adanya fitur Miniplayer seperti di App di YouTube versi web desktop, hari ini saya sudah dapat menggunakannya. Fitur ini sepertinya memang belum untuk semua user YouTube. Hal ini dapat saya katakan karena saya di hari saya menulis ini (29 September 2018), saya mencoba membuka YouTube melalui akun teman-teman saya. Beberapa sudah memilikinya, namun beberapa juga masih seperti sebelumnya. Namun, pelan-pelan YouTube akan memberikan fitur ini untuk seluruh user YouTube, bahkan mungkin untuk yang tidak terdaftar. Who knows?

Menurut saya, fitur ini terasa sangat smooth dan untuk yang mungkin masih berstatus Beta (karena masih belum semua user YouTube dapat menggunakannya), fitur ini sudah sangat baik. Miniplayer tersebut (sama seperti app-nya), tidak akan hilang walaupun sobat mencari video melalui fitur Search, dan akan otomatis hilang saat sobat mengklik video yang lainnya. Cara menggunakannya cukup tekan ikon yang dilingkari di bawah, maka otomatis video akan diperkecil dan diletakkan di kanan bawah layar.
Miniplayer Button

Miniplayer Look

Terlihat dari screenshot di atas, Miniplayer ini dapat menampilkan beberapa informasi seperti yang ada di app-nya, yaitu videonya sendiri, judul video, channel yang mengunggahnya, dan garis durasi yang sudah sobat tonton. Oh ya, jika cursor sobat berada di gambar Miniplayer, maka sobat akan melihat ikon play/pause, next, dan close; persis seperti yang ada di app-nya.

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, fitur Miniplayer ini dapat sangat berguna untuk sobat yang sering menggunakan YouTube untuk mencari berbagai video pembelajaran atau apapun. Jadi, jika sobat sedang menyaksikan video dan ingin mencoba untuk mengeksplor salah satu channel, sobat tidak perlu lagi membuka tab baru. Cukup menggunakan fitur ini di tab yang sama, dan sobat dapat melakukan yang sobat inginkan. Hal ini dapat sangat berguna karena browser sobat akan menggunakan RAM lebih sedikit oleh karena tab yang sobat buka lebih sedikit. Penggunaan ini tentu dapat mempengaruhi kinerja perangkat sobat. Fittur yang mungkin masih berstatus Beta ini sudah sangat terasa ringan dan smooth. Hampir tidak ada patah-patah saat menggunakan fitur ini di browser Chrome.

Bagaimana menurut sobat dengan fitur ini? Apakah sobat sudah mendapatkannya? Apakah fitur ini dapat sangat membantu sobat dalam berselancar ria di YouTube? Bagikan semuanya di kolom komentar di bawah!

Terima kaih, and C ya!

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini