Langsung ke konten utama

Kenapa Pilih ASUS ZenBook? Inilah 7 Alasannya!



Fernayou Blog – Hai kawan FB, apakabbss? Semoga aja baik aja ya… ^^
Kemarin saya sudah memberikan artikel ASUS ZenBook yang dikhususkan untuk paracreator di luar sana. Salah satu keluarga ASUS ZenBook itu memang memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh para konten creator. Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa alasan mengapa Anda harus memilih ASUS ZenBook sebagai daily notebook Anda. Sebagai contoh, saya akan mengambil salah satu keluarga ZenBook, yaitu ASUS ZenBook 3 UX390. Mengapa saya mengambil contoh ini? Well, terus baca artikelnya.

Kenapa Pilih ASUS ZenBook?

 ASUS ZenBook merupakan salah satu laptop ASUS ‘edisi’ premium. Salah satu bagian dari keluarga ASUS ZenBook ini adalah ASUS ZenBook UX390. Notebook satu ini memiliki berbagai hal yang dapat membuatnya pantas masuk sebagai salah satu bagian dari keluarga ASUS ZenBook. Well, karena membawa nama ZenBook sebagai ‘nama keluarga’ bukanlah hal yang mudah. Notebook yang berani menggunakan nama ZenBook ini dan menjadi member dalam keluarga seri ini harus memiliki hal-hal yang dapat mengangkat nama premium dalam seri ZenBook ini. Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa hal, mengapa harus memilih ASUS ZenBook, dan dalam hal ini saya mengambil ASUS ZenBook UX390 sebagai model. Keep reading folks!

1.     Body aduhai

“Don’t judge a book by it’s cover,” salah satu peribahasa yang memperlihatkan bahwa kita tidak boleh menilai sesuatu dari covernya saja. Namun, dalam dunia teknologi, suatu cover atau penampilan dapat menjadi suatu nilai tambah untuk produk tersebut. Desain yang cantik dapat membuat orang lebih tertarik menggunakan produk tersebut. Itu mengapa dalam suatu produk premium, desain menjadi salah satu kewajiban yang perlu diadakan. Begitu juga dengan ASUS ZenBook.

Desain premium yang digunakan oleh keluarga ASUS ZenBook menjadi salah satu nilai tambah yang digunakan oleh ASUS dalam produknya ini. Sebagai contoh, ASUS ZenBook UX390 menggunakan desain metal dengan aksen berwarna emas di pinggiran dan logo ASUS di belakang notebooknya ini. Dengan membawa 3 warna, yaitu Quartz Grey, Royal Blue, dan Rose Gold. Ketiga warna tersebut berhasil memberikan kesan premium kepada notebook satu ini.
Salah satu kekhasan notebook keluarga ZenBook adalah desain logam melingkar yang ada di bagian bodi di layar notebook ini. Desain yang mereka berinama Zen tersebut benar-benar terlihat indah dan memberikan kesan premium dalam notebook ini.

Namun, satu hal yang benar-benar dapat menambah kecantikan notebook ini adalah ia memiliki ketipisan yang bahkan lebih tipis dari Apple Macbook Air 13” dan Apple Macbook Air 12”. Notebook ASUS ZenBook UX390 memiliki ketipisan yang hanya berkisar di angka 11.9mm. Angka ini terlihat jelas lebih tipis dibandingkan dengan Apple Macbook Air 13” yang memiliki ketebalan 17mm, dan Apple Macbook Air 12” yang memiliki ketebalan 13.1mm. Walaupun tipis, notebook ini menggunakan Allumunium Alloy  dengan Aerospace-grade alloy (materi yang biasa digunakan dalam industry pesawat terbang) sebagai materi notebook ini. Hal ini membuat ASUS dapat menekan berat dari notebooknya ini namun memiliki ketahanan yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Lihat saja, ASUS ZenBook UX390 ini hanya memiliki bobot 910 gram saja namun memiliki kekuatan 50% lebih kuat dibandingkan dengan materi biasa. Bobot ini bahkan lebih ringan dibandingkan dengan Macbook Air 12” sekalipun.

2.     Layar enak dipandang

 Beralih ke layar, ASUS biasa menggunakan berbagai layar berkualitas tinggi pada seri ZenBooknya. Nah, salah satu contohnya adalah ZenBook UX390 ini. Notebook ini telah dilengkapi dengan layar seluas 12.5” dengan kualitas 1080p (Full HD Display). ASUS menggunakan layar Corning® Gorilla® Glass 4 agar memperkuat ketahanan layarnya ini. Dengan bezel yang hanya 7.6mm, ASUS dapat membuat rasio screen-to-body mencapai angka 82%. Selain itu, ASUS ZenBook UX390 ini memiliki sudut pandang hingga 178o. Hal ini dapat membuat Anda memandang layar bahkan hingga 178o tanpa kehilangan detail gambar yang dipancarkan di layar.
Layar ini memiliki bahkan memiliki skor 72% NTSC warna gamut. Selain itu, rasio kontras dari layar ini terbilang sangat tinggi, bahkan sampai mencapai angka 1000:1. Tidak hanya itu, layar ini dapat mengeluarkan cahaya hingga 300 nits. Nah, kerennya lagi, layar ini memiliki berbagai teknologi yang ekslusif dikembangkan oleh ASUS sendiri (yang akan dijelaskan pada nomor 7).

3.     Performa yang luar biasa

Perfoma yang luar biasa adalah salah satu kekhasan laptop dari keluarga ZenBook. Jika memiliki performa yang lemah, tidak akan mungkin menjadi salah satu member keluarga ini. Itu mengapa ASUS ZenBook UX390 juga memiliki performa yang tak terbayangkan. Walaupun memiliki body yang tipis, namun ASUS menyematkan Intel® Core™ i7 Processor generasi ke-7 (Intel® Core™  i7-7500U). Processor ini adalah processor yang hemat daya, terlihat dari kodenya yang memiliki huruf U yang memang dikhususkan untuk penggunaan pada perangkat mobile seperti ultrabook ini. Processor ini memiliki frekuensi hingga 3.1GHz.

Untuk menunjang kinerja otaknya, ASUS telah menyematkan RAM hingga 16GB dengan kecepatan hingga 2144MHz. RAM ini memiliki tipe DDR3 dengan konfigurasi dual channel. Hal ini dapat membuat komunikasi antar processor dan RAM berjalan simultan.
Bagian penyimpanan, ASUS memberikan 512 GB PCIe® Gen 3 SSD secara default. SSD Jenis ini mampu berjalan 3x lebih cepat dibandingkan dengan SATA3 SSD. Dengan begitu, ASUS ZenBook UX390 mampu mengerjakan proses komputasi hingga 64000 perintah dengan hingga 64000 antrian dalam satu waktu.

 Tambahan yang tidak dapat dilewati, ASUS telah menginstall Windows 10 sebagai system operasi default notebook ini. Itu artinya, dengan performa luar biasa, Anda tidak akan menjadi seorang pengguna yang kurang update (kudet) oleh karena OS terbaru yang tetap di update ini.

4.     Konektivitas super cepat

Performa yang luar biasa, sudah pasti diikuti dengan konektivitas super cepat, entah oleh konektivitas wired maupun wireless. Hal itu lah yang menjadi nilai tambah dalam keluarga seri ASUS ZenBook. Untuk konektivitas wired, ASUS hanya menyematkan USB 3.1 Type-C. Konektivitas ini memiliki kemampuan transfer super cepat hingga 10Mbps. Namun jangan kawatir,ASUS menyediakan port konektor yang mereka beri nama ASUS Mini Dock yang berisi USB 3.1 Type-C, USB 3.0 Type-A, dan port HDMI yang sebenarnya sudah cukup dalam penggunaan sehari-hari. Merasa kurang, ASUS juga menyediakan sebuah port yang mereka berinama Universal Dock yang berisi 1 USB 3.1 Type-C, 2 USB 3.0 Type-A, Audio In and Out, 3-in-1 Universal SD Card Reader, 1 HDMI, 1 VGA, dan 1 RJ45LAN port. Port ini dijual terpisah oleh ASUS. Port konektor ini selain memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai port di notebook ini, mulai dari transfer, audio, display, hingga internet, port ini juga memiliki kemampuan untuk mengisi daya notebook ZenBook UX390 ini. Jadi jangan khawatir jika Anda sedang menggunakannya lalu daya sedang dalam keadaan low.

Setelah membahas tentang konektivitas wired yang dimiliki oleh notebook ini, sekarang saatnya membahas tentang konektivitas wireless yang dimiliki oleh notebook ASUS ZenBook UX390. ZenBook UX390 ini memiliki konektivitas Bluetooth® 4.1 yang hemat daya. Untuk masalah internet, ASUS menyematkan dual banc WiFi 802.11ac yang membuatnya lebih cepat sekitar 2.8 – 3x lebih cepat dibandingkan dengan versi WiFi sebelumnya, 802.11b/g/n. Wifi ini memiliki kecepatan transfer hingga 867 Mbps. Selain itu, ZenBook ini mendukung teknologi Intel® WiDi. Teknologi ini memungkinkan Anda menikmati lagu, film, foto, bahkan game untuk setuiap HDTV-WiDi yang sudah kompatibel, atau dapat menggunakan TV sebagai layar interaktif kedua untuk layar yang lebih besar pada saat multitasking.

5.     Keyboard dan Touchpad tanpa kompromi

Keyboard dan Touchpad adalah salah satu poin terpenting dalam sebuah produk sejenis notebook, itu mengapa ASUS selalu memberikan keyboard dan touchpad yang memiliki kualitas yang tidak dapat dipandang sebelah mata dalam setiap produknya (apalagi seri ZenBook). Begitu juga dengan seri ASUS ZenBook UX390. Keyboard notebook ini memiliki bezel pada setiap sisi selebar 2.1mm. Keyboard ini memiliki desain yang sangat tipis – bahkan 28% lebih tipis jika dibandingkan dengan ZenBook generasi sebelumnya. Kedalaman tombol keyboard ini hanya menyentuh angka 0.8mm travel distance. Ukuran ini dapat membuat mengetik lebih nyaman dengan keyboard dari notebook ini. Selain itu, keyboard ini mampu bertahan hingga 10 juta pengetikkan yang dimana ini lebih baik 33% dari standar industri pada umumnya. Dan, tentu saja teknologi backlit keyboard masih hadir di seri ZenBook ini.

Keyboard dalam suatu notebook dan sejenisnya tidak dapat dilepaskan dari yang namanya Touchpad. Touchpad itu merupakan salah satu bagian inti dari sebuah notebook, laptop, maupun sejenisnya. Touchpad pada seri ZenBook sangatlah nyaman, dengan tingkat akurasi yang tinggi dan biasanya dilapisi dengan kaca. Hal tersebut juga dilakukan dalam seri ZenBook UX390 ini. ASUS memberikan touchpad yang presisi yang sangat nyaman dan akurat, serta kaca yang menutupi setiap ruang. Hal ini dapat menambah kenyamanan dalam menggunakan notebook ini. Yang menarik dari touchpad ini adalah, ASUS telah menyematkan sensor sidik jari yang dapat membuat Anda login ke notebook Anda tanpa harus mengtikkan password. Sentuh dan terbuka. Selain itu, ASUS juga menyematkan teknologi ASUS SmartGesture pada touchpadnya ini (yang akan lebih dijelaskan pada bagian nomor 7).

6.     Suara yang memukau

Untuk kualitas suara, produk ASUS sudah tidak perlu diragukan lagi, dengan tim ASUS Golden Ear yang bekerja khusus untuk meningkatkan kualitas suara di setiap produk ASUS, tidak ketinggalan juga seri ZenBook. Untuk seri ZenBook, ASUS tidak pernah bermain-main dalam kualitas suaranya, bahkan dalam seri ZenBook UX390, ASUS bekerja sama dengan perusahaan audio kelas atas dari Amerika, Harman/Kardon untuk teknologi speakernya. ASUS menggunakan empat speaker yang dilengkapi dengan empar ampli pintar yang mampu memberikan surround-sound yang dapat membuat pengalaman mendengar lebih baik. Suara ini ditempatkan berbeda-beda, dua di atas dan dua dibawah. Speaker di atas bertugas memberikan suara bass dan frekuensi sedang, sementara dua speaker yang ada di bawah bertugas untuk mengeluarkan suara berfrekuensi sedang hingga tinggi. Selain itu, speaker yang ada dibawah dilengkapi dengan 5-magnet yang dapat membuatnya mengeluarkan suara yang lebih besar. Tak ketinggalan juga, ASUS menyematkan software AudioWizard didalam notebooknya ini.

7.     Teknologi dan software eksklusif

 Setiap notebook ASUS disematkan oleh berbagai teknologi dan software eksklusif yang khusus dikembangkan oleh ASUS, begitu juga dengan seri notebook premium, ZenBook. Seperti yang disebutkan di atas, berbagai software dan teknologi disematkan oleh ASUS di dalam notebooknya, seperti misalnya ZenBook UX390 ini. Dari layar, touchpad, bahkan hingga suara diberikan teknologi dan software yang mampu memberikan kualitas yang benar-benar hebat.

Di layar, ASUS memberikan beberapa teknologi keren di ZenBook UX390 ini. Teknologi ini mampu dikontrol melalui beberapa software, antara lain Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid. 

ASUS Splendid ini merupakan salah satu software buatan ASUS yang mampu mengontrol pengeluaran gambar maupun warna di layarnya. ASUS Splendid ini memiliki 4 mode yang dapat memberikan tampilan akurat sesuai kebutuhan Anda. Keempat mode tersebut adalah Normal, Eye-Care, Vivid, dan Manual. Mode Normal adalah settingan rekomendasi dari pabrik  untuk layar Anda. Eye-Care Mode adalah settingan yang dapat mengurangi cahaya biru hingga 30% dari layar agar membuat mata lebih nyaman melihat layar dalam waktu yang lama. Vivid Mode adalah mode pintar yang dapat membuat Anda melihat gambar dan/atau konten tampil lebih hidup tanpa membuat warna terlihat dibuat-buat. Mode Manual adalah mode dimana Anda dapat mengatur settingan layar Anda sesuai kebutuhan Anda sendiri. Selengkapnya, Anda dapat melihat gambar yang ada di bawah ini.

Tru2Life Video adalah teknologi yang mampu memberikan gambar bergerak yang mengagumkan di perangkat ini. Teknologi ini menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang biasanya dijumpai di televisi high-end modern. Teknologi ini memungkinkan layar memberikan gambaran yang lebih real dalam sebuah video. Hal ini dapat dilakukan dengan menambah kontras gambar hingga 200% untuk memberikan ketajaman warna yang detail dan akurat.

Terakhir ada teknologi TruVivid. Teknologi ini mengubah desain layar pada suatu perangkat. Jika biasanya layar pada suatu perangkat pintar memilki empat lapis yang terdiri dari pelindung kaca, panel sentuh, celah udara, dan modul LCD, ASUS menggabungkan dan mengeliminasi beberapa lapisan dengan teknologi ini. Jadi, lapisan layarnya hanya berjumlah 2 lapisan yang terdiri dari pelindung kaca, dan panel sentuh dan LCD. Dengan teknologi ini, layar pada perangkat ini mampu mengurangi tingkat pantulan bayangan hingga 67%.

Beralih ke teknologi yang digunakan oleh touchpad. ASUS menggunakan sebuah teknologi yang disematkan pada softwarenya yang mereka sebut dengan ASUS SmartGesture. ASUS SmartGesture ini mampu memberikan pengalaman menggunakan touchpad menjadi lebih baik. Misalnya, Anda ingin memilih atau melakukan klik kiri, Anda tingga menyentuh satu jari pada touchpad. Untuk mendrag, sentuh denan satu jari kemudian geser. Untuk zoom, Anda dapat seperti mencubit touchpad menggunakan ibu jari dan telunjuk. Untuk scroll, Anda dapat menggunakan dua jari lalu digeser keatas, kebawah, maupun kesamping. Selain itu ada beberapa aksi lain yang dapat dilakukan dengan beberapa jari, misalnya melihat desktop, sapu tiga jari dari atas touchpad, dan sebagainya.

Terakhir, teknologi yang disematkan ASUS adalah pada bidang audio. ASUS memberikan software yang secara khusus dikembangkan oleh mereka untuk produk-produknya, tak terkecuali ASUS ZenBook. ASUS biasanya menggunakan teknologi ASUS SonicMaster dalam seri laptopnya, begitu juga dengan seri ZenBook. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan hardware audio mereka, apalagi dalam seri ZenBook UX390, mereka menggandeng perusahaan audio kelas atas, Harman Kardon. Selain itu, ASUS juga menyematkan software AudioWizard pada seri ZenBook ini. Software ini memungkinkan Anda menggunakan beberapa mode sesuai dengan kebutuhan Anda. Mode-mode yang diberikan oleh AudioWizard ini adalah Music mode untuk Anda yang suka mendengarkan music, Movie mode untuk Anda yang sedang menyaksikan sebuah video atau film, Recording mode yang memberikan mendengarkan suara maupun record suara berkualitas tinggi, Gaming mode untuk para gamers, Speech mode untuk yang mendengarkan suara speech (misalnya video speech dan sebagainya), atau juga dapat mematikannya.
---

Penutup

ASUS ZenBook merupakan salah satu seri laptop premium dari ASUS. Maka dari itu, ASUS sudah pasti menyematkan berbagai hal yang dapat membuat laptop ini benar-benar premium. Berbagai hal tersebut mulai dari body dan desain yang keren, layar yang enak dipandang, performa yang luar biasa, konektivitas super cepat, keyboard dan touchpad tanpa kompromi, suara yang memukai, hingga teknologi dan software eksklusif. Sebagai contoh, kami menggunakan ASUS ZenBook UX390 yang dapat terlihat bahwa ASUS telah menyematkan semuanya itu di seri ZenBook ini.
Bagaimana? Benar-benar keren, bukan? ASUS ZenBook yang merupakan seri premium yang benar-benar premium. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel review kali ini benar-benar dapat bermanfaat untuk kalian semua, khususnya para creator yang sedang mencari perangkat baru untuk menemani pekerjaan mereka. C U on the next article! ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini