Langsung ke konten utama

ASUS ZenBook UX410UQ for Creators



Fernayou Blog – ASUS, salah satu produsen ponsel, laptop, hingga desktop dari Taiwan yang belakangan ini sangat terkenal oleh karena inovasi-inovasi yang dikeluarkan melalui berbagai produk yang mereka tawarkan. Salah satu produk kebanggaan ASUS adalah notebook dengan seri ZenBook. ZenBook ini adalah salah satu seri notebook premium dari ASUS. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya ASUS membenamkan berbagai fitur-fitur kelas atas di dalam notebook satu ini. Nah, salah satu notebook dalam seri ini adalah ASUS ZenBook UX410UQ, notebook dengan segala fitur yang benar-benar sudah lebih dari cukup untuk sebuah notebook. Fitur-fitur seperti apa saja yang ASUS tanamkan di seri ZenBook ini? Berikut ini penjelasannya.

ASUS ZenBook’s Features

ASUS ZenBook UX410UQ merupakan salah satu seri ZenBook dari ASUS yang memiliki performa dan desain yang benar-benar premium. Membawa nama ZenBook, sudah pasti menjadi suatu kewajiban untuk tampil seksi namun tetap memiliki kekuatan fisik yang diatas rata-rata. Penasaran untuk berkenalan dengan keseksian dan kekuatan ASUS ZenBook UX410UQ ini? Keep reading, folks! ^^

Body Seksi dan Ringan

ASUS ZenBook UX410UQ ini memiliki body yang seksi yang memiliki ketipisan hanya 18.95 mm. Dengan begitu, ZenBook seri ini hanya memiliki bobot 1.4 kg saja. Untuk menambahkan keseksiannya, ASUS menggunakan paduan alumunium dalam notebooknya ini. Kerennya lagi, ASUS menggunakan finishing spun, dimana finishing ini memiliki motif melingkar dari metal yang digunakan oleh ASUS untuk notebooknya ini. Warna kulit dapat menambah kecantikan dan ‘kepremiuman’ sebuah laptop, itu sebabnya ASUS juga cukup berhati-hati dalam memilih warna kulit ZenBook ini. Akhirnya, ASUS menggunakan warna Quartz Grey dan Rose Gold untuk menambah sisi premium dan cantiknya ZenBook ini.

Kekuatan Fisik? Gak Perlu ditanyain!

 Seperti yang disebutkan di atas, dengan membawa nama ZenBook, kekuatan fisik notebook tersebut diwajibkan benar-benar kuat. Performa yang loyo tidak akan menjadikan notebook atau laptop tersebut memiliki nama ZenBook. Oleh sebab itu, ASUS ZenBook UX410UQ memiliki performa yang luar biasa. Dengan berotakkan Intel Core i7 generasi ke-7 (Intel® Core™ i7 7500U Processor). Itu saja? Tentu saja tidak! ASUS juga membenamkan RAM sebesar 8GB DDR4  dengan kecepatan clock hingga 2133 MHz. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan RAM pada satu tempat yang disiapkan oleh ASUS jika Anda belum merasa puas akan jumlah RAM sebesar itu. Lalu, untuk masalah grafis, ASUS mempercayakan NVIDIA®  GeForce® 940MX dengan 2GB GDDR3 VRAM yang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam render video dan game dengan lancar. Sebagai jiwa, ASUS menggunakan Windows 10 sebagai OS default notebook ini. Jadi, Anda tidak perlu meragukan up-to-date-nya notebook ini.

Layar Jernih dan Enak Dipandang

Untuk menunjang kegiatan pengguna, ASUS menggunakan layar 14” FHD (1080p) Display yang membuat mata enak memandangi berbagai konten yang ada di notebook ini karena memiliki resolusi yang benar-benar baik. Nah, yang ajaib adalah walaupun menggunakan layar sebesar 14”, namun ASUS dapat meminimalkan size laptop ini yang hanya seperti laptop dengan layar 13”. Lho, kok bisa? Jawabannya adalah di bezel layar notebook ini. ASUS memilih desain bezelless pada ZenBook UX410UQ ini yang hanya memiliki bezel selebar 6mm. Sangat tipis, bukan? Oh ya, salah satu hal yang menarik di layar ini adalah besarnya ppi-nya yaitu sebesar 276 Pixel Per Inch yang membuat layar semakin jernih untuk dipandang.

Bagaimana dengan warna yang dapat dikeluarkan oleh ASUS ZenBook UX410UQ ini? Skor warna yang dapat dikeluarkan oleh notebook ini mencapai 72% NTSC bahkan hingga skor 100% sRGB. Sederhananya, skor ini memungkinkan layar notebook ini mengeluarkan lebih banyak warna yang membuat konten yang terlihat lebih hidup oleh karena warna tersebut. Selain itu, untuk menambah kenyamanan mata dalam memandangi layar, ASUS membenamkan teknologi tampilan sudut yang lebar dimana sudut penglihatan hingga 178o. Itu artinya Anda dapat melihat layar ini bahkan hingga sudut sebesar 178o dari layar tanpa adanya warna yang terlihat terdegradasi.

Disamping itu semua, ASUS juga memberikan teknologi ASUS Splendid untuk memberikan warna yang lebih akurat dan hidup dalam notebook ini. ASUS Splendid ini memiliki 4 mode yang dapat memberikan tampilan akurat sesuai kebutuhan Anda. Keempat mode tersebut adalah Normal, Eye-Care, Vivid, dan Manual. Mode Normal adalah settingan rekomendasi dari pabrik  untuk layar Anda. Eye-Care Mode adalah settingan yang dapat mengurangi cahaya biru hingga 30% dari layar agar membuat mata lebih nyaman melihat layar dalam waktu yang lama. Vivid Mode adalah mode pintar yang dapat membuat Anda melihat gambar dan/atau konten tampil lebih hidup tanpa membuat warna terlihat dibuat-buat. Mode Manual adalah mode dimana Anda dapat mengatur settingan layar Anda sesuai kebutuhan Anda sendiri.

Memory? Kayak Gajah! Besar, Cepat, dan Gak Mudah Lupa!

Disamping layar, RAM, otak, grafis, dan desain, orang pasti akan bertanya tentang seberapa besar kapasitas penyimpanan dalam suatu devices. Untuk itu, jangan ragu akan kapasitas penyimpanan ASUS ZenBook satu ini. Bagaimana tidak? Penyimpanan HDD sebesar 1 TB dengan kecepatan 5400 RPM SATA telah ditanamkan dalam notebook ASUS ZenBook UX410UQ ini. Belum cukup? Selain itu, ASUS juga membenamkan memory super cepat yang biasanya disebut sebagai SSD sebesar 128GB SATA3 M.2. Hal ini memungkinkan Anda menyimpan berbagai file-file besar dan dapat mengaksesnya dengan cepat. Selain itu, waktu booting dapat terlihat jelas lebih cepat. Oh ya, SSD yang digunakan ASUS ini cukup awet dan tahan banting, yang membuat penyimpanan ASUS ini memiliki ketahanan yang luar biasa. Lupa? Gak akan!

Colokan? Lengkap!

 Disamping hal-hal yang ada di atas, konektivitas yang dibawa dalam device juga menjadi salah satu focus. Apakah konektivitas, entah itu wired atau wireless, lengkap. Hal ini tentu sangat penting mengingat notebook sejenis ini digunakan dalam mode mobile, dimana konektivitas tersebut dapat mempermudah mobilitas tersebut. Bagaimana dengan ASUS ZenBook UX410UQ ini?
ASUS sudah memberikan berbagai port dalam notebooknya ini, diantaranya USB Type-C yang belakangan ini mulai popular di devices premium. Selain itu, untuk mensupport USB tipe sebelumnya, ASUS juga memberikan 2 port USB Type-A 2.0. Lambat? USB Type-A 3.0 (USB3.1 Gen1) juga hadir di dalam devices ini. USB 3.0 ini dapat melakukan transfer rate hingga 10x lebih cepat dibandingkan USB 2.0. Selain itu, jika Anda ingin menghubungkan perangkat ini ke layar yang lebih besar, ada port HDMI yang telah ditanamkan ASUS di notebook ini. Oh ya, untuk mempermudah Anda dalam menyalin berbagai data dari perangkat lain, notebook ini juga dilengkapi dengan SD Card Reader. Dan satu lagi, 3.5mm Headphone Jack masih hadir di notebook ini. Bukan hal yang baru, namun perlu disebutkan juga.

Setelah menjelaskan port-port wired di notebook ASUS ZenBook UX410UQ ini, sekarang saatnya konektivitas wireless yang diberi ruang. Untuk konektivitas wireless, ASUS telah membenamkan beberapa teknologi yang sudah lengkap. Sebut saja WiFi dengan teknologi 802.11ac yang memiliki kecepatan 2.8x lebih cepat dibandingkan WiFi dengan teknologi 802.11b/g/n yang biasanya ditemui dalam berbagai devices kebanyakan. Selain itu, ASUS juga melengkapi notebooknya dengan teknologi Bluetooth® 4.1  yang membantu Anda untuk terhubung dengan berbagai perangkat Anda secra wireless tanpa mengganggu kinerja baterai Anda.

Keyboard dan Touchpad? Jangan diragukan!

Sekarang kita menuju salah satu fitur ASUS ZenBook ini yang sangat menarik. Dengan menggunakan desain Solid Scissor Cut, pengalaman mengetik akan terasa menyenangkan, karena desain ini dapat menambah kenyamanan dalam mengetik. Oh ya, keyboar ini hanya ‘berdiri’ setinggi 1.6 mm dimana ini semakin menambah kenyamanan oleh karena tinggi ini adalah salah satu standar tinggi untuk sebuah laptop yang dikhususkan untuk mobilitas penggunanya. Oh ya, Anda tidak perlu takut jika Anda harus bekerja di tempat yang lumayan gelap, itu karena ASUS telah membenamkan soft backlight di keyboar ini. Jadi, Anda tetap dapat melihat semua tombol di keyboard ini walaupun dalam ruangan atau tempat yang gelap.

Keyboard sudah, bagaimana dengan Touchpad? Sudah dibilang, jangan diragukan! Jika Anda berpikir bahwa layar di smartphone Anda sudah sensitive, hal yang sama akan Anda dapatkan di touchpad ASUS ZenBook UX410UQ ini. Mengapa? Karena Touchpad ini telah dilapisi oleh kaca presisi yang sebenarnya secara ekslusif dikembangkan untuk layar pada sebuah smartphone. Oh ya, selain itu, Touchpad ZenBook ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang dapat membuat Anda login kedalam perangkat Anda tanpa mengetikkan password atau dalam waktu yang lama. Sensitive, juga aman? Yap, 2-in-1 di Touchpad ini.

Suara?Gak Akan Percaya Kalo itu Dari Laptop!

Salah satu keunggulan keluarga ZenBook adalah audio yang superior. Bagaimana tidak? Audio ASUS ZenBook selalu dikembangkan secara khusus oleh tim ASUS Golden Ear. Nah, sebagai tambahan ASUS juga menggandeng perusahaan audio kelas atas dalam ASUS ZenBook UX410UQ ini, yaitu Harman Kardon. Bagaimana? Dengan tim ASUS Golden Ear yang telah berpengalaman dan perusahaan audio kelas atas, Harman Kardon yang tidak dapat diragukan lagi kualitasnya, ASUS ZenBook UX410UQ ini benar-benar memiliki audio yang superior. Lihat saja, hardware kelas atas Harman Kardon ditambahkan dengan software dari ASUS dan teknologi ASUS SonicMaster, suara yang keluar benar-benar hidup. Anda tidak akan percaya bahwa suara itu dari suatu perangkat di depan Anda!

---

Bagaimana, ASUS ZenBook UX410UQ ini benar-benar menarik, bukan? Dengan body yang super seksi, performa yang luar biasa, penyimpanan gajah, konektivitas yang sangat lengkap, keyboard dan touchpad yang keren, dan audio superior menjadi alasan untuk memilih ASUS ZenBook UX410UQ ini. Oh ya, dalam penjelasan yang sedikit lebih mendetail, mengapa harus laptop ini untuk para creator di luar sana, silahkan baca di bawah ini. ASUS ZenBook UX410UQ ini memang benar-benar menjadi pilihan yang tepat untuk seluruh creator. Tertarik? Keep reading, folks!

ASUS ZenBook UX410UQ for Creators

Sebelumnya, saya telah memberikan rangkuman tentang ASUS ZenBook UX410UQ. Berbagai factor yang benar-benar menjadi sebuah alasan ia menjadi keluarga ASUS ZenBook yang memiliki performa di atas rata-rata. Nah, jika Anda adalah seorang creator, ASUS ZenBook ini menjadi salah satu pilihan devices yang dapat Anda gunakan sebagai teman Anda berkreasi. Penasaran? Keep reading, folks!

Writers

Okey, jujur saya adalah seorang yang hobi menulis. Walaupun kadang-kadang menulis hal-hal yang tidak terlalu jelas. Namun, ini lah yang membuat saya menuliskan seorang writers diposisi pertama. Tanpa mengurangi rasa hormat pada creators lainnya. Nah, inilah alasan ZenBook UX410UQ ini tepat menjadi device utama seorang writer.

Keyboard yang superior menjadi salah satu alasan yang sangat mungkin untuk seorang penulis. Bagaimana tidak? Suatu kenyamanan dalam suatu keyboard tentu saja menjadi alasan seseorang dapat menulis banyak. Semakin nyaman keyboard yang digunakan, dapat semakin produktif penulis itu. ASUS ZenBook UX410UQ ini memiliki keyboard yang benar-benar nyaman untuk menjadi teman menulis. Seperti yang saya tuliskan di atas, dengan keyboard berdesain Solid Scissor Cut dan keyboard yang hanya setinggi 1.6 mm dapat membuat kami penulis sangat nyaman dalam penggunaan device ini. Rekomendasi untuk penulis!

Video and Photographer

Untuk seorang video dan photographer, tentu saja ASUS ZenBook UX410UQ ini menjadi salah satu rekomendasi. Bagaimana tidak? Biasanya photographer maupun videographer menggunakan kamera sejenis DSLR untuk mengabadikan gambar maupun video di sekitar mereka. Dan, biasanya mereka menggunakan SD Card sebagai penyimpanan. Nah, untuk mempermudah mereka mem-backup data gambar dan video, ASUS ZenBook ini telah dilengkapi dengan SD Card Reader. Walaupun beberapa kamera telah memiliki teknologi WiFi sebagai media untuk membackup data, namun menggunakan SD Card Reader dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Itu saja? Tentu tidak. Selain itu, sebagai videographer maupun photographer, seseorang pasti harus bersahabat dengan berbagai software edit video maupun gambar yang biasanya memakan resource yang besar. Itu mengapa, ASUS ZenBook UX410UQ ini menjadi rekomendasi. Dengan RAM sebesar 8GB dan dapat ditambah dan grafis NVIDIA®  GeForce® 940MX dengan otak Intel Core i7 generasi terbaru tentu dapat membawa pekerjaan tersebut dengan lancar. Oh ya, sebagai tambahan, layar yang tajam dan dapat memberikan warna yang hidup menjadi tambahan alasan seorang video atau photographer menggunakan suatu device. Dan yap, seperti penjelasan di atas, ASUS ZenBook UX410UQ ini telah memberikan layar yang disukai oleh mereka.

Designer

Mirip dengan video dan phographer, pada desainer juga biasanya bersahabat dengan berbagai software yang memakan resource yang lumayan besar. Dan jawaban yang diberikan masih mirip dengan hal yang di atas. Dengan performa yang luar biasa dan layar yang benar-benar nyaman untuk dipandang, pada desainer dapat dengan mudah jatuh cinta pada device ASUS ZenBook UX410UQ ini. Recommended for Designer.

Programmer

Disamping Photo dan Videographer, atau Designer, seorang programmer juga memiliki sahabat yang terbilang gendut. Berbagai software untuk mendesain suatu program, website, maupun hal-hal lainnya yang digunakan oleh seorang programmer juga agak rakus dalam menggunakan penyimpanan dan resources. Oleh sebab itu, sekali lagi oleh karena performa, yang luar biasa, ASUS ZenBook UX410UQ ini menjadi rekomendasi untuk seorang programmer. Selain itu, oleh karena keyboard yang nyaman, seorang programmer dapat dengan nyaman menuliskan berates hingga beribu baris kode dalam waktu yang lama dengan nyaman di ASUS ZenBook satu ini. Programmer, this device is for you!

Music Composer

Suka buat music sendiri? Keren! Kalo begitu ASUS ZenBook UX410UQ ini sangat direkomendasikan untukmu. Well, software pembuat music yang bagus dapat memakan resources yang lumayan banyak. Sekali lagi, satu lagi performa yang luar biasa yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Dan yap, ASUS ZenBook UX410UQ ini memiliki performa di atas rata-rata yang dapat membuat Anda dengan lancar membuat music Anda sendiri. Oh ya, dengan performa audio di atas rata-rata yang digunakan ASUS sudah tentu juga memanjakan telinga para pekerja bidang ini. ASUS SonicMaster Technology from ASUS Golder Ear Team + Harman Kardon Audio = Great Sounds! So, Music Maker are highly recommended to use this device!

Game Maker

Gamer Maker dapat dikatakan merupakan gabungan dari beberapa creator diatas. Writer? Yap, hanya saja di sini menulis kode, dan itu biasanya disebut Programmer. Designer? Yap, untuk karakter. Photo and Videographer? Can be, untuk menambah kehidupan cerita di dalam game tersebut, misalnya dengan scene-scene yang menggunakan video rekaman asli, maupun foto-foto dalam game yang diambil dari foto asli. Satu lagi, Music Composer? Tentu saja! Music dapat menambah rasa hidup dalam game, yang menyebabkan para pemain seperti merasa masuk dalam cerita itu. So? Yap, dengan performa di atas rata-rata untuk mengangkat berbagai Game Engine, Designer App, dan Music Maker App tentu sangat diperlukan dalam pekerjaan ini. Keyboard yang nyaman untuk menulis kode dalam game. Dan tentu saja kualitas dan teknologi audio yang superior sudah tentu sangat diperlukan dalam pekerjaan ini. And, ya, ASUS ZenBook UX410UQ do it all!

---

Penutup

Sebagai penutup, saya telah memberikan berbagai keunggulan notebook premium ASUS satu ini, yaitu ASUS ZenBook UX410UQ. Performa yang dibawakan di atas rata-rata, desain yang sangat premium, Keyboard dan Touchpad yang nyaman, layar keren dengan teknologi yang membuat mata nyaman, konektivitas yang sangat lengkap, kapasitas penyimpanan yang besar dan cepat, dan kualitas audio yang memukau. Benar-benar notebook yang sangat premium. Jadi, notebook ini sangat direkomendasikan untuk kalian para creator, mulai dari Writers, Video and Photographer, Designer, Programmer, Music Composer, hingga Game Maker.

Bagaimana? Benar-benar keren, bukan? Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel review kali ini benar-benar dapat bermanfaat untuk kalian semua, khususnya para creator yang sedang mencari perangkat baru untuk menemani pekerjaan mereka. C U on the next article! ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini