Langsung ke konten utama

Hour of Code: Belajar Coding Sambil Bermain dari Microsoft dan Code.org

Fernayou Blog - Hai kawan Fernayou!
Maaf, akhir-akhir ini saya kurang update, karena sejak bulan Desember dimulai, saya sudah mulai ujian-ujian, dan lebih sibuk dari biasanya.

Ok deh, kali ini saya akan membawakan berita tentang Hour of Code atau jika diartikan ke bahasa Indonesia, artinya Jam Kode (?). Nah, Hour of Code ini adalah proyek dari Code.org yang mengajak semua orang untuk belajar ngoding minimal 1 jam perhari. Selain itu, pembelajaran yang diberikan tidak membuat pusing pelajarnya, dimana kita belajar ngoding sambil bermain dan tidak akan dipusingkan dengan bahasa-bahasa alien yang aneh :v.

Kemarin, tepatnya tanggal 7-13 Desember 2015 10.000 guru, ratusan siswa, orang tua, serta anggota komunitas berpatisipasi untuk belajar koding di acara Hour of Code yang diselenggarakan di bebagai tempat di Jakarta. Acara ini diinisiatifkan oleh Microsoft yang menggandeng Code.org untuk dapat mengajak masyarakat agar mempelajari dasar-dasar kode dengan cara yang menyenangkan.

Seperti yang saya sebutkan diatas, di Hour of Code dari Code.org ini menyuguhkan hal sederhana yang dapat membuat kita dapat mempelajari dasar-dasar kode tanpa dipusingkan dengan bentuk kode yang rumit. Misalnya, kita melakukan coding sambil bermain bersama dua karakter dalam Tutorial Minecraft, 'Steven' dan 'Alex'. Peserta ditantang untuk menyelesaikan 14 level permainan yang dimana pada setiap levelnya mereka harus menavigasi karakter, menabang, membuat kerajinan, dan menjelajah dalam dunia 2D Minecraft menggunakan program editor visual berbasis blok (block-based visual). Melalui Tutorial Minecraft, partisipan mendapat pengalaman baru dan menyenangkan untuk belajar ngoding layaknya sedang bermain.
Sebagai inisiatif global, Hour of Code dilaksanakan serentak di 180 negara, dan diikuti oleh lebih dari 100 juta siswa dengan Tutorial Minecraft yang diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Selain menawarkan pengalaman belajar coding dengan cara berbeda, Hour of Code juga mengajak publik untuk menjadi fasilitator dalam acara ini. Siapapun, dimanapun, dapat menyelenggarakan acara Hour of Code dengan mengunduh Tutorial Minecraft. Harapannya pelajaran dasar coding dapat terus
bergulir dan semaik banyak anak-anak muda yang menciptakan sesuatu berbasis teknologi komputer.
---
P.S.
Terima kasih, Sebelumnya saya mohon maaf, saya mungkin hanya akan mengupdate blog hingga akhir Desember, atau jika saya memiliki waktu lebih. Hal ini dikarenakan saya sudah mulai sibuk Try out, Ujian Sekolah, Ujian Nasional, dan ujian-ujian lainnya. Sekali lagi saya mohon maaf... 

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini