Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Internet

Leonard Kleinrock, bapak internet, penemu internet, sejarah adanya internet, awal mula internet, cikal bakal adanya intenetHai kawan..
kali ini saya akan membagikan sebuah sejarah pengubah dunia, tepatnya sejarah singkat tentang sebuah teknologi yang mengubah dunia hingga sekarang ini.

Ya, sekarang ini saya akan membagikan sejarah singkat tentang internet. Di zaman teknologi ini, siapa lagi yang tidak tahu tentang internet, walaupun orang awam, sudah pasti tahu apa itu intenet, walaupun mungkin belum dapat menggunakannya..

Sekarang ini internet digunakan di berbagai barang, yang membuat barang-barang tersebut menjadi "pintar".

Namun, tahukah anda sejarah dari adanya internet?
Nah, dari pertanyaan "apa sih sejarah internet itu?", saya akan membagikan sejarah singkat tentang internet.


Pertama, si jenius yang menemukan internet ini adalah seorang pria yang bernama

Leonard Kleinrock, yang biasanya dikenal dengan sebutan "bapak internet"

Nah, berikut ini adalah Cikal Bakal dari adanya internet:
Leonard Kleinrock, pada tahun 1959 dikenal lewat makalahnya yang terkenal dan signifikan, yakni teori pertukaran paket. Hasil karyanya dianggap bakal membawa perubahan pada dunia. Dan itu terbukti, pada 1961 teori pertukarang paket dalam kaitannya dengan teknologi, merupakan cikal bakal lahirnya internet.

Tetapi, itu belum terpikir oleh Leonard Kleinrock, bahwa itu akan berpengaruh pada perkembangan dunia seperti sekarang ini. Baru pada 1969, tepatnya 29 Oktober teorinya itu, jutsru menciptakan salah satu penemuan terbesar abada modern, yaitu internet. 

Sang penemu bisa dibilang mujur. Kenapa demikian, karena memang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard Kleinrockpun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital.
 
Pria kelahiran New York, 13 Juni 1934 ini mendapat sorotan karena karya besarnya menciptakan internet. Insinyur sekaligus ilmuwan dengan gelar professsor komputer di UCLA ini, merintis penemuan internet dari hal-hal sederhana menjadi sesuatu yang kompleks dan multifungsi seperti sekarang ini. 

Sekarang ini teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnyae-mail dan chatting) atau secara masal misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Sebagai penemu besar abad modern ini, Leonard Kleinrock membuat Presiden George W Bush di Gedung Putih (pada masa itu) memberikannya penghargaan The 2007 National Medal of Science. Sebuah  penghargaan karena kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring. (Dari Berbagai Sumber)

 

 Nah, itulah sejarah singkat internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian.
Terima kasih...


Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini