Langsung ke konten utama

Hari Ganefo 2015: Apa itu Ganefo?

Fernayou Blog - Hai kawan Fernayou!
Hari ini selain merayakan Hari Pahlawan ke-70, Indonesia juga merayakan hari yang berhubungan dengan olahraga. Apa itu? hari ini, Indonesia juga merayakan hari Ganefo. Hah? Ganefo? apaan tuh? Jadi, Ganefo adalah singkatan dari Games of the New Emerging Force atau Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang. GANEFO ini adalah suatu ajang olehraga yang didirikan oleh presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno, pada akhir tahun 1962 sebagai tandingan pesta olahraga Olimpiade. GANEFO menegaskan bahwa politik tidak bisa dipisahkan dengan olahraga, hal ini menentang dokrin Komite Olimpiade Internasional (KOI) yang memisahkan antara politik dan olahraga.

Indonesia mendirikan GANEFO setelah kecaman KOI yang bermuatan politis pada Asian Games 1962, karena Indonesia tidak mengundang Israel dan Taiwan dengan alasan simpati terhadap Cina dan negara-negara Arab. Aksi ini diprotes oleh KOI karena Israel dan Taiwan adalah anggota resmi KOI. Akhirnya KOI menangguhkan keangotaan Indonesia, dan Indonesia diskors untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo. Ini pertama kalinya KOI menangguhkan keanggotaan suatu negara.

Motto dari GANEFO adalah Onward! No Retreat! atau Maju Terus, Pantang Mundur. GANEFO pertama dilangsungkan di Jakarta, 10 - 22 November 1963, dan diikuti oleh sekitar 2700 atlet dari 51 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa. Penyelenggaraan GANEFO ini diboikot oleh negara-negara barat, meski begitu tetap berlangsung. KOI juga memberi peringatan kepada atlet-atlet yang ikut GANEFO dilarang untuk ikut Olimpiade. Hasil pada GANEFO I, China menduduki peringkat pertama dengan 65 mendali emas, 56 Perak, dan 47 Perunggu, disusul Uni Soviet (39 Emas, 20 Perak, dan 8 Perunggu), dan pada peringkat ke-3 adalah Indonesia (17 Emas, 24 Perak, dan 30 Perunggu).

Setelah itu, GANEFO II di adakan di Phnom Penh, Kamboja pada 25 November - 6 Desember 1966. Awalnya GANEFO II akan diadakan di Kairo, Republik Arab Bersatu pada 1967, namun karena pertimbangan politik, akhirnya dipindahkan ke Phnom Penh, Kamboja. Partisipan GANEFO II adalah sekitar 2000 atlet dari 17 negara. Hasil GANEFO II adalah China (pada pringkat pertama - 108 Emas, 57 Perak, 34 Perunggu), Korea Utara (peringkat ke-2 - 30 Emas, 42 Perak, dan 32 Perunggu), dan peringkat ke-3 Kamboja (10 Emas, 42 Perak, dan 10 Perunggu).

Kemudian, awalnya GANEFO III direncanakan diadakan di Beijing, China. Namun Beijing membatalkan niatnya dan diserahkan ke Pyongyang, Korea Utara. Tetapi GANEFO III tidak pernah diadakan dan bubar -hingga sekarang-.
---
Sumber: Wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini