Langsung ke konten utama

Selamat Hari Ayah Nasional: Sejarah Dipilihnya tanggal 12 November

Fernayou Blog - Hari ini Google merayakan hari spesial yang dikhususkan untuk setiap ayah di seluruh Indonesia. Ya, hari ini Google merayakan hari ayah nasional dengan memasang Google Doodle Hari Ayah Nasional.
Namun, tahukah anda? Mengapa hari ayah nasional itu dirayakan pada tanggal 12 November? Jadi disini saya akan membagikan sejarah dipilihnya tanggal 12 November sebagai hari ayah nasional.
Berbicara mengenai hal ini maka kita mungkin bertanya sejak kapan hari ayah di peringati ? Di indonesia sendiri hari ayah tidak terlalu populer seperti hari ibu yang kita peringati setiap tanggal 22 Desember mungkin bisa saja faktor salah satunya karena hari ayah di indonesia mulai di peringati di indonesia sejak 8 tahun yg lalu atau tepatnya di tahun 2006.

Yang unik dalam hari ayah adalah yang pertama kali memprakarsai hal ini justru bukan dari kaum adam melainkan para ibu - ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) sebuah komunitas lintas agama yang menggelar deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 di Pendopo Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah.

Hari Bapak lahir karena figur ayah sebagai bagian dari keluarga juga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
Sementara Hari Ayah di negara lain dirayakan dalam waktu yang berbeda-beda. Peringatan Hari Ayah sendiri pertama kali dilakukan pada abad ke-12. Hari Ayah biasanya dirayakan dengan memberikan kado dan ucapan selamat dari seluruh anggota keluarga kepada Ayah. Selain itu, Hari Ayah juga lazim dirayakan dengan kegiatan bersama keluarga. Seperti di Serbia yang dirayakan setiap 6 Januari. Lalu di Korea Selatan Hari Ayah diperingati setiap 8 Mei. Sementara rakyat Amerika Serikat, Jepang, dan India merayakannya setiap pekan ketiga di Bulan Juni.

Beragam cara dilakukan untuk memperingati Hari Ayah. Salah satunya adalah dengan memberikan kado kepada sang ayah dari anggota keluarga lainnya. Bahkan di negara finlandia hari ayah di peringati dengan hari libur nasional sesuai kebijakan negara tersebut.

Tidak aneh jika beberapa toko dan seluruh bank di Finlandia juga tidak beroperasi dan sebagian besar kantor pos juga demikian. Untuk angkutan umum seperti bis dan kereta tetap beroperasi, meskipun jadwalnya disesuaikan. Finlandia sendiri mulai memperingai Hari Ayah pada tahun 1949 dan menjadikannya sebagai hari libur nasional pada tahun 1979.
---
Sumber: ID Beritamu

Komentar

Postingan populer dari blog ini