Langsung ke konten utama

Moto G5S Plus: (Real) Dual Camera

Fernayou Blog – Hai sobat FB, apakabss?
Oke, jika kemarin saya sudah membahas tentang produk-produk sekelas laptop, dan satu history mesin gaming pertama, kali ini saya akan sedikit membahas tentang produk handphone. Produk handphone yang satu ini menjadi salah satu topik pembicaraan para techno review di seluruh dunia. Mengapa bisa begitu? Keep reading folks…

Motorola, adalah dalang dari ponsel ini dimana mereka merilis ponsel baru mereka baru-baru ini. Dengan nama Moto G5S Plus ini memiliki berbagai fitur yang sangat menarik dan beberapa bahkan eksklusif hanya ada di ponsel-ponsel buatan Motorola. Dan kerennya lagi, Motorola berani memberikan harga yang terbilang miring dibandingkan dengan vendor-vendor ponsel lainnya. Apa saja fitur-fitur ponsel ini? Keep reading…!

(REAL) Dual Rear Camera

Fitur pertama sekaligus salah satu fitur yang benar-benar dibanggakan oleh Motorola dalam seri Moto G5S Plus ini adalah (Real) Dual Rear Camera. Mengapa saya menambahkan tanda kurung dalam kalimat itu? Well, banyak vendor ponsel yang juga membawakan produk mereka dengan fitur dual camera. Namun, fitur premium yang biasanya hadir di ponsel flagship ini kadang-kadang hanya menambah nilai jual saja. Mengapa? Karena banyak vendor yang hanya menambahkan satu lensa tambahan di sisi belakang ponsel mereka namun tidak bekerja sama dengan lensa yang satunya. Ok, sederhananya begini, banyak ponsel premium yang menggunakan 2 lensa di belakang ponsel mereka. Namun, dalam penggunaannya lensa ini bekerja sendiri-sendiri. Misalnya, vendor itu membuat ponsel dengan dual lensa di belakang. Satu merupakan lensa biasa dan satu merupakan lensa zoom. Dalam penggunaannya, lensa zoom tidak dapat digunakan bersamaan dengan lensa biasa. Yang akhirnya dual lensa itu penggunaannya sama seperti satu lensa. Jatuhnya? Mirip dengan ponsel yang menggunakan satu lensa.

Namun, Moto G5S Plus ini tidak demikian. Moto G5S Plus ini menggunakan konfigurasi dual camera yang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0, RGB-Monochrome dimana kedua lensa ini benar-benar bekerja secara bersamaan dan memiliki editor kedalaman. Jadi, sekali shutter, dua kamera belakang Moto G5S Plus akan mulai bekerja bersamaan. Nah, satu lensa bekerja untuk menangkap warna (RGB). Nah, karena khusus untuk menangkap warna, maka kemampuan penangkapan warnanya tidak perlu dipertanyakan. Untuk lensa kedua (monochrome), lensa ini berfokus pada penangkapan gambar hitam-putih. Nah, selain bertugas menangkap warna hitam-putih, ia juga memiliki tugas dan kemampuan untuk menangkap detail dari gambar, bahkan di kondisi kurang cahaya. Setelah kedua lensa itu menangkap gambar, mereka menggabungkan kedua gambar itu. Hasilnya? Gambar yang kaya warna dan memiliki detail yang benar-benar keren bahkan di kondisi kurang cahaya.

Oke? Keh, lanjut ke fitur-fitur yang dibawa oleh kamera belakang Moto G5S Plus ini. Moto G5S Plus ini memiliki dual LED flash untuk membuat foto yang diambil dapat menjadi lebih terang dan dapat menyeimbangkan warna dari gambar tersebut. Dapat melakukan zoom digital hingga 8x untuk foto dan 4x untuk video. Bayangkan, Anda tidak perlu terlalu dekat dengan objek untuk mengambil gambar yang bagus, cukup gunakan zoom. Memiliki kemampuan untuk merekam hingga 4K Ultra HD (30 fps) dan kemampuan untuk merekam gerak lambat. Mid-range phone with 4K 30fps and slow-mo video? How great is it?

Selain itu, Motorola juga menyematkan fitur panorama, HDR otomatis, stabilitas video, dan mode professional. Yang menarik disini adalah HDR otomatis yang dapat membuat kontras foto lebih baik, jadi gambar yang ada di dalam bayanganpun masih dapat tertangkap dengan baik. Stabilitas video juga menjadi hal yang menarik karena tidak banyak ponsel Mid-range yang menyematkan fitur ini. Fitur ini mampu memubat video yang di rekam terlihat lebih stabil dibandingkan dengan video tanpa stabilizer. Selain itu, mode professional adalah salah satu fitur kamera yang paling menarik saya. Mengapa? Karena mode itu, kita sebagai pengguna dapat menyetting pengambilan gambar seperti professional, seperti misalnya ISO, shutter speed, bahkan hingga fokus. Cool, right?

Panorama … on Front Camera

Untuk fitur unggulan kedua masih berkutat di sector kamera. Namun kali ini kita menuju ke kamera bagian depan. Kamera depan dari Moto G5S Plus yang beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 ini memilki salah satu fitur yang benar-benar menarik. Jika biasanya kita akan mengambil foto landscape di suatu tempat yang menarik, kita dapat menggunakan fitur Panorama pada kamera belakang agar mendapat seluruh tempat itu dalam satu foto. Nah, yang menarik adalah, fitur Panorama juga ada di kamera depan di Moto G5S Plus ini. Fitur panorama ini memungkinkan pengguna mengambil foto yang jauh lebih lebar lagi. Jadi, tidak perlu takut salah satu teman tidak mendapat ‘jatah’ frame di dalam foto saat melakukan wefie.

Dengan membawa kamera beresolusi 8 MP Wide angle, pengguna dapat dengan mudah mengabadikan diri sendiri atau selfie dengan cakupan yang luas. Tidak perlu lagi takut salah satu teman tidak tertangkap kamera pada saat melakukan wefie. Oh ya, jika Anda Ingin selfie atau wefie di tempat yang istilahnya low light, Anda tidak perlu khawatir. Moto G5S Plus juga memiliki soft front flash yang dapat memberikan cukup cahaya pada saat selfie di tempat gelap. Soft front flash ini juga tidak terlalu memberikan cahaya yang berlebihan yang membuat objek terlalu putih dan background terlalu gelap.

Selain fitur panorama, Moto G5S Plus ini juga membawa fitur beautify. Ya, buat yang suka selfi-selfie, bisa pake fitur ini biar hasil foto lebih indah dipandang. Oh ya, selain fitur itu, yang menarik adalah kamera depan ini memiliki mode professional. Ya, seperti mode professional yang ada di kamera belakang itu. Seperti mode manual untuk menyetting pengambilan gambar. Ya, mode itulah. How great is that?

Take a Look More on The Design

Desain akan menjadi satu hal yang pertama di lihat pengguna. Tidak sedikit pengguna melihat desain terlebih dahulu dibandingkan dengan spesifikasi dan performa. Maka dari itu, sebuah desain dari sebuah perangkat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar orang. Untuk itu, mari kita membahas sedikit tentang desain dari Motorola Moto G5S Plus ini.

Untuk bagian depan, Moto G5S Plus ini, Anda akan melihat layar sebesar 5.5” dengan resolusi Full HD (1080p) IPS LCD, kedalaman hingga 401 ppi (pixel per inch), dan menggunakan panel kaca Corning Gorilla Glass 3 yang memiliki kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi. Di bawah layar itu, terdapat tombol kapasitif yang sekaligus menjadi sensor sidik jadi. Tombol ini dapat dijadikan tombol home. Oh ya, Motorola juga memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih ingin membuat tombol navigasi (back, home, recent apps) berada di dalam layar (menyatu dengan tampilan layar), atau semua dinavigasikan melalui tombol home kapasitif tadi. Jika memilih tombol home kapasitif, maka jika sobat tap pada tombol itu maka Anda akan dibawa ke home page, swipe ke kiri untuk navigasi ‘back’, dan swipe ke kanan untuk navigasi ‘recent apps’. Beralih ke bagian atas layar, teradapat logo moto serta kamera, flash, speaker, dan beberapa sensor seperti Akseleromoeter, Giroskop, Cahaya, dan Kedekatan.

Setelah membahas muka, mari kita sedikit membahas tentang punggu ponsel ini. Ponsel ini menggunakan material logam sebagai bahan body unibody-nya. Punggung logam ini membuat Motorola Moto G5S Plus ini semakin terlihat elegan. Ada logo Motorola di bagian tengah dan ‘camera zone’ yang menonjol keluar di atas logo tersebut. Di dalam camera zone yang merupakan bulatan ini terdapat dua kamera yang memiliki konfigurasi RGB + Monochrome, di bawahnya terdapat dual LED flash untuk menyeimbangkan warna gambar. Selain itu, Motorola memberikan dua pilihan warna, yaitu Lunar Gray dan Blush Gold yang terlihat cantik saat digunakan.

Fast Performance and Connectivity

Setelah desain, mari kita membahas sedikit tentang jeroan yang dimiliki oleh Motorola Moto G5S Plus ini. Organ-organ dalam yang dimiliki oleh Moto G5S Plus ini adalah organ-organ dalam golongan Mid-renge. Namun, jangan salah, spesifikasi seperti ini dapat membawa Moto G5S Plus dengan kecepatan yang tinggi. Memang, apa saja spefisikasi yang dibawakan oleh Motorola kepada Moto G5S Plus?

Mari kita mulai dengan otak processing yang dibawa oleh handphone ini. Jadi, Motorola Moto G5S Plus ini menggunakan Processor dari Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz yang memang sudah terkenal untuk ponsel kelas menengah yang hemat daya. CPU ini dipasangkan denga GPU dari Adreno 650 MHz 506 untuk mengangkat grafis game-game dan software-software yang dipasang pada ponsel ini. Untuk menunjang kinerja CPU dan GPU itu, Motorola telah memberikan RAM sebesar 4 GB dan storage internal sebesar 32 GB. 32 GB kurang? Tenang, Anda dapat menambahkan storage itu dengan menambahkan microSD hingga 128 GB. Betapa leganya itu untuk diisi dengan berbagai software, data, dan game dalam smartphone ini.

Setelah spesifikasi singkat, mari kita beralih ke konektivitas. Konektivitas yang ditanamkan pada Moto G5S Plus ini terlihat benar-benar lengkap. Mengapa saya bilang benar-benar lengkap? Ya, apa lagi jika bukan adanya Headphone Jack yang belakangan ini mulai hilang dari pasaran. Selain itu, Moto G5S Plus masih menggunakan Micro USB sebagai port transfer data dan recharge hp. Disamping Micro USB itu terdpat loudspeaker dan microphone. Nah, untuk wireless connectivity, terdapat Bluetooth yang sudah mencapai versi 4.2 LE + EDR. Membawa Wi-Fi dengan antenna 802.11 a/b/g/n (2.4 GHz + 5GHz), dan juga dukungan terhadap NFC. Untuk masalah jaringan, Motorola telah memberikan opsi hingga dua kartu sim nano yang dapat dipasang dan telah mendukung hingga jaringan 4G LTE. Untuk masalah lokasi, Moto G5S Plus telah mendukung layanan GPS, A-GPS, dan GLONASS yang membuat lokasi lebih akurat dalam map. Bagaimana? Performa cepat, ditunjang dengan konektivitas yang cepat juga, serba wuzz wuzz wuzz…!

Leave Your Charger Behind!

Ok, setelah dengan singkat membahas tentang desain, kamera, dan spesifikasi, sekarang kita akan pergi ke sektor yang sedikit lebih dalam, baterai. Baterai yang ditanam pada Moto G5S Plus oleh Motorola ini adalah baterai dengan kapasitas 3000 mAh. Baterai sebesar ini dapat memberikan ‘hidup’ pada Motorola Moto G5S Plus seharian penuh tanpa perlu charge ulang. Jadi, buat Anda yang sering bepergian, Anda tidak perlu selalu repot membawa kaber charger kemanapun Anda pergi. Cas full seharian, Anda dapat menggunakannya selama seharian.

Oh ya, jika status baterai saat itu dalam keadaan low dan secara mendadak Anda membutuhkannya, anda cukup charge handphone ini selama 15 menit. Lah, sesingkat itu cuman hidup berapa menit doang, gak cukup dong. Yah, itu salah satu keunggulan Moto G5S Plus ini. Moto G5S Plus ini memiliki salah satu teknologi quick charge yang mereka sebut sebagai TurboPower. Teknologi ini dapat membuat Moto G5S Plus hidup selama 6 jam hanya dengan waktu pengisian 15 menit! Jadi, seperti yang saya tuliskan tadi, jika Anda mendadak membutuhkannya, cukup charge selama 15 menit, and your phone is ready to go!

The Latest Android Version

Mulai masuk ke tempat yang lebih dalam lagi. Tempat dimana sesuatu yang tidak dapat kita sentuh, namun kita dapat berinteraksi dan merasakannya. Suatu hal yang disebut sebagai jiwa dari sebuah perangkat. Seumpama badan tanpa jiwa hanyalah seonggok daging, demikianlah suatu perangkat tanpa system operasi hanyalah besi tak berharga. Jadi sederhanya, sebagus apapun suatu perangkat, tanpa suatu OS yang mendukung perangkat itu, perangkat itu akan menjadi suatu perangkat yang tidak memiliki kemampuan apapun.

Ok, kembali lagi. Jadi, Moto G5S Plus ini membawa jiwa Android dalam tubuhnya. Android yang ia bawa adalah versi Android terbaru. Apa itu? Versi yang ia bawa adalah versi Android 7.1 Nougat. Wait, Nougat? Terbaru? Bukannya sudah ada update untuk Android 8.0 Oreo? Well, tenang dulu. Santai. Moto G5S Plus ini memang membawa Android 7.1 Nougat yang merupakan salah satu versi Android terbaru. Jika soba mengatakan bahwa ada versi Android terbaru lainnya, yaitu Oreo, tenang. Motorola juga menjanjikan untuk membagikan update Android 8.0 Oreo untuk perangkat Moto G5S Plus mereka ini. So, it has the newest Android version, isn’t it?

Full Functional Moto Actions

Salah satu fitur exclusive yang ada di Motorola Devices adalah Moto Action. Dengan fitur Moto Actions ini, Motorola Devices daoat melakukan berbagai hal hanya dengan sedikit melakukan aksi. Aksi-aksi yang dapat dilakukan ini mulai dari Chop-chop to turn the flashlight on, twist twice to turn camera on or change the camera from back to front and conversely, shrink display, turn to enable Do Not Disturb mode, pick up to stop ringing, dan Moto Display. Nah, di Moto Display ini juga dapat dibagi kembali kedalam dua bagian, yaitu Night Display yang dapat membuat layar sedikit berwarna warm agar membuat mata tidak cepat lelah, dan Moto Display yang dapat menghidupkan semacam ‘always on display’ saat Anda mendekatkan tangan ke ponsel dan dapat melihat notifikasi dan membuat aksi terhadap notifikasi itu.. Nah, jika ingin melihat lebih lanjut tentang Moto Actions, dapat Anda lihat di video dibawah

Let's Conclude a Little

Oke, sebagai penutup atau mungkin bukan penutup, saya ingin merangkum sedikit tentang device dari Motorola ini. Moto G5S Plus ini adalah salah satu budget phone terbaik, dengan berbagai fitur yang ia bawa dan harga yang menggiurkan. Banyak fitur lainnya yang dapat Anda coba di Motorola Moto G5S Plus ini, mulai dari Deep Editor, Split Screen Mode, Multifunction Fingerprint Sensor, dan sebagainya. Tertarik? Anda dapat menebus ponsel ini dengan harga yang dipatok Motorola sebesar Rp3.000.000. Tertarik?

Main Spesification
Moto G5S Plus
Display
5.5” IPS LCD Full HD (1080p) Display (16:9) with Corning Gorilla Glass (401ppi)
Network
Support 4G LTE, dual Nano-SIM, dual stand by
Chipset
Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953
RAM
4 GB
Internal Storage
32 GB, expandable up to 128GB with microSD
OS
Android 7.1 Nougat, planned upgrade to Android 8.0 (Oreo)
Primary Camera
Dual 13 MP (RGB + Monochrome), f/2.0, autofocus, dual tone LED flash. Can record up to 4K (2160p) @ 30 fps, support Professional Mode, Panorama, face detection, and Auto HDR.
Front Facing Camera
8 MP Wide Angle, f/2.0, LED Flash, support Professional Mode, Panorama, and Beautify.
Wired Connectivity
Micro USB for transfer and charge, and Headphone Audio Jack 3.5mm
Wireless Connectivity
Dual band WiFi, Bluetooth 4.2, GPS, A-GPS, GLONASS, NFC
Battery
Non-Removable Li-Ion 3000mAh, support fast charging
Colors
Lunar Gray, Fine Gold
Price (In Indonesia)
Rp3.000.000

Komentar

Postingan populer dari blog ini