Langsung ke konten utama

Beyond Your Limit!

Fernayou Blog – Hi kawan FB, apa kabar? Hari yang indah, weekend yang indah. Hari ini saya akan membagikan suatu artikel yang akan lebih fokus pada sobat-sobat sekalian. Artikel kali ini akan sedikit membahas tentang sobat-sobat yang suka melampaui batas yang sobat miliki. Tanpa berlama-lama, mari langsung kita bahas.

Manusia sebagai ciptaan Tuhan sudah pasti memiliki batasnya tersendiri. Kadang kita merasa dalam berbagai kegiatan yang kita lakukan, kita telah mencapai batas yang kita miliki hingga tidak dapat melanjutkannya. Namun, dari antara orang banyak, tidak sedikit pula orang-orang yang merasa tidak punya batas, dalam hal ini adalah sisi positif. Orang-orang tersebut dapat dikatakan selalu mencoba untuk melampaui batas yang mereka miliki. Jika ada orang yang mengatakan tidak ada orang yang dapat melampaui batas mereka, maka saya akan mengganti kalimat sebelumnya dengan, “mereka selalu memperbesar dan memperluas batasan mereka hingga sobat tidak dapat melihat batas mereka dimana.”

Ok, mungkin sudah cukup dengan sedikit informasi tentang psikologis seseorang, saya tidak akan membahas hal tersebut. Namun, saya akan lebih membahas tentang perangkat yang dapat membantu sobat untuk terus melampaui batas yang sobat miliki. Salah satu perangkat yang dapat saya rekomendasikan adalah perangkat yang baru-baru ini diresmikan oleh salah satu merek yang masih terbilang baru masuk di Indonesia. Apalagi jika bukan Honor 8X?

Lampaui Batas dengan Honor 8X


Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, perangkat satu ini masih terbilang baru di Indonesia. Honor sendiri yang merupakan anak perusahaan dari Huawei telah meluncurkan perangkat ini di Indonesia pada tanggal 8 November lalu. Dengan tagline yang dibawa, yaitu “Beyond Limits,” Honor 8X ini berfokus pada konsumen Indonesia yang menyukai perangkat kelas menengah dengan kamera dan performa yang baik. Penasaran? Mari kita bahas.

Desain cantik


Untuk bagian pertama, saya akan membahas tentang desain yang dimiliki oleh Honor 8X ini. Honor memberikan desain yang telah mengikuti tren yang ada di dunia smartphone tahun ini, yaitu desain belakang bergradasi. Desain yang dibawa memang terlihat cantik dan elegan. Desain ini juga menurut saya lebih memberikan kesan mahal pada smartphone ini.
Namun, satu kekurangan yang dimiliki oleh smartphone dengan desain kaca seperti yang dibawa oleh Honor 8X ini adalah smartphone tersebut akan menjadi smartphone fingerprint magnet atau mudah untuk kotor oleh karena sidik jari yang tertinggal di bagian belakang smartphone. Namun jangan takut kotor pada perangkat Honor 8X ini. Mungkin karena tahu risiko yang dibawa, Honor memberikan transparent case pada paket pembeliannya. Case ini dapat mengurangi risiko fingerprint magnet itu namun tetap memperlihatkan kecantikan smartphone ini. Oh ya, untuk di Indonesia sendiri, Honor menjual perangkat ini dengan warna biru dan hitam, sementara warna merah akan datang selanjutnya.

FullView Display

Honor melalui produk yang satu ini memberikan beberapa teknologi terbaru untuk layarnya. Teknologi pertama adalah teknologi yang masih berhubungan dengan desain perangkat ini, yaitu FullView Display yang dibawanya. Dengan bezel bawa hanya selebar 4.25 mm, Honor 8X mampu memberikan layar seluas 6.5” di dalam body yang biasanya digunakan untuk smartphone dengan layar 5.5”. Selain itu, rasio layar 19.5:9 ini membuat Honor8X mampu menyentuh angka 91% untuk rasio layar ke body. Pada bagian atas perangkat, Honor masih memberikan notch untuk menaruh kamera, earpiece, dan beberapa sensor. Smartphone dengan desain notch ini memang masih menjadi tren di tahun 2018 ini. Walaupun membawa notch yang beberapa orang benci, Honor membuat notch ini sekecil mungkin hingga akhirnya saya pikir ukuran notch ini tidak terlalu mengganggu untuk penggunaan sehari-hari. Oh ya, jika sobat tidak suka dengan tampilan notch ini, sobat juga dapat menyembunyikannya di dalam pengaturan ponsel ini.

Teknologi layar termutakhir

Ilustrasi perbandingan layar yang tidak memiliki (kiri) dan memiliki sertifikat TUV Rheinland (kanan)

Selain dari desain layar yang dibawa, Honor 8X ini juga membawa teknologi layar yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan layar yang telah tersertifikasi oleh TUV Rheinland dan mode Eye-Comfort, Honor 8X ini dapat dikatakan sebagai perangkat yang ramah mata karena layar yang digunakan dapat mengurangi cahaya biru yang dikeluarkan namun tetap memberikan pengalaman melihat yang baik. Selain teknologi itu, Honor 8X ini juga membawa fitur Night Mode dan teknologi layar terang, dimana fitur Night Mode akan membuat layar lebih mudah dan nyaman untuk digunakan di waktu malam dengan meredupkan cahaya; sementara teknologi layar terang membuat konten di dalam layar yang dimiliki oleh perangkat ini dapat dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari.

Fitur keamanan keninian


Honor 8X ini memiliki fitur keamanan yang dinilai juga sebagai fitur keamanan yang keninian. Yang pertama adalah fitur keamanan yang biasanya ada di smartphone, yaitu fingerprint sensor. Fitur keamanan fingerprint ini terbilang sangat cepat dan akurat. Dengan tata letak berada di bagian belakang perangkat, fitur ini menjadi mudah untuk digunakan untuk jari telunjut ataupun jari tengah. Selain fitur keamanan mengunakan fingerprint atau sidik jari, perangkat ini juga memiliki fitur keamanan face unlock yang akhir-akhir ini menjadi tren. Fitur ini memungkinkan sobat membuka ponsel hanya dengan wajah sobat, di berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda. Untuk performanya sendiri, fitur face unlock ini terbilang sangat cepat.

Performance? No further questions.


Honor 8X ini mempercayakan otaknya dengan processor buatan ‘rumah’ sendiri, yaitu HiSilicon Kirin 710. Processor ini adalah processor kelas menengah oleh Huawei yang merupakan versi terbaru dari generasi sebelumnya, yaitu Kirin 659. Dengan ditemani oleh GPU Mali 651, processor 12nm Cortex-A73 ini mampu meningkatkan performa GPU hingga 130% dan single-core CPU performance hingga 75% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Selain dari pada peningkatan performa dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Honor 8X ini juga memiliki fitur GPU Turbo. Fitur ini merupakan fitur yang mampu meningkatkan akselerasi performa grafik hingga 60% untuk bermain game dan mengurangi daya yang digunakan hingga 30% sehingga dapat lebih menghemat baterai. Perangkat ini sendiri merupakan salah satu perangkat Honor di Indonesia yang telah terpasang GPU Turbo out-of-the-box. Jadi, saat sobat membelinya, sobat langsung dapat menggunakan fitur ini tanpa harus menunggu update untuk fitur ini.

Memory dan baterai besar


Untuk penyimpanan file, Honor mempercayakan perangkat ini dengan memori internal sebesar 128 GB. Sebuah memori penyimpanan yang menurut saya, sudah sangat cukup, bahkan besar untuk perangkat kelas menengah seperti ini. Namun, jika sobat masih belum puas dengan kapasitas sebesar itu, Honor 8X juga memiliki slot microSD Card yang dapat menambah penyimpanan hingga 400GB. Sebuah penyimpanan yang benar-benar luas! Oh ya, ngomong-ngomong tentang slot microSD Card, biasanya smartphone kelas menengah, bahkan kelas atas masih menggunakan slot kartu hybrid, yang artinya user harus memilih antara menggunakan dual SIM Card atau satu SIM Card dan satu microSD Card. Namun, di perangkat ini, sobat tidak perlu memilih karena slot yang disediakan lengkap; satu slot microSD Card dan dua slot SIM. Untuk memori RAMnya sendiri, Honor 8X telah diberikan memori sebesar 4GB yang menurut saya sudah cukup. Dengan antarmuka EMUI 8.2 yang ‘beralaskan’ Android 8.1 Oreo yang ringan, RAM sebesar 4GB sudah cukup untuk melakukan multitasking sehari-hari di perangkat ini.
Selain memori, Honor 8X ini juga telah dilengkapi baterai yang terbilang lumayan besar untuk perangkat middle-end. Baterai sebesar 3750mAh tersebut mampu memberikan daya kepada perangkat ini hingga sehari lebih untuk penggunaan sehari-hari. Untuk penggunaan intensif media atau bermain game, kemungkinan baterainya dapat habis lebih cepat. Namun, penggunaan daya rendah yang dimiliki oleh sistem dan ditambah juga oleh fitur GPU Turbo yang sebelum saya jelaskan sedikit, perangkat ini saya pikir dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan perangkat sejenis.

Kamera dengan kecerdasan buatan

Sektor kamera yang dimiliki perangkat ini dapat dikatakan sebagai salah satu nilai jual perangkat ini sendiri. Honor 8X ini telah dilengkapi dengan dual-camera belakang yang sudah tren akhir-akhir ini. Dua kamera tersebut memiliki tata letak vertikal, dimana satu kamera utamanya memiliki resolusi 20-megapixel dan aperture f/1.8. Aperture sebesar ini dapat membuat kamera menangkap lebih banyak cahaya dan memberikan shallow depth-of-field atau biasa disebut juga efek bokeh. Selanjutnya, kamera sekunder ponsel ini memiliki resolusi hanya 2-megapixel yang berfungsi sebagai depth-sensing sensor. Sensor kamera ini berfungsi untuk menangkap informasi depth yang ada di gambar untuk merapikan efek bokeh yang dimiliki. Untuk kamera depannya sendiri, Honor 8X ini telah dilengkapi dengan kamera dengan resolusi 16-megapixel. Kamera depannya sendiri memiliki fitur baklight selfie AI yang memungkinkan kita selfie dengan lighting seperti studio. Oh ya, perangkat ini juga memiliki shutter speed yang lebih cepat sehingga memungkinkan kita mengambil gambar lebih cepat dan mengurangi motion-blur (efek gambar yang kabur) untuk objek yang bergerak dengan cepat.
Nah, yang menarik dari kamera ponsel ini adalah fitur AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Fitur ini dapat memungkinkan sobat mengambil gambar dengan pengaturan gambar terbaik sesuai dengan berbagai skenario objek yang akan difoto. Total ada 22 kategori dan 500 skenario foto yang dapat digunakan oleh perangkat ini. Jadi, dengan fitur ini jika sobat ingin mengambil foto makanan, pengaturan kamera akan otomatis mengambil warna terang untuk meningkatkan hasil foto makanan tersebut yang dapat membuatnya lebih terlihat enak. Selain itu, jika sobat ingin mengambil foto orang lain, kamera ini dapat langsung mengidentifikasikan wajah orang itu, memberikan efek bokeh di backgrouund, dan memberikan efek beauty natural. Hal-hal semacam itu.
Ilustrasi Super Night Shot

Selain fitur AI tersebut, Honor 8X ini juga memiliki fitur unggulan, yaitu fitur Super Night Shot. Fitur ini memungkinkan sobat untuk menangkap gambar yang lebih terang di skenario low-light. Caranya, perangkat ini akan mengambil beberapa foto sekaligus dalam rentan waktu sekitar tiga hingga tujuh detik untuk meningkatkan cahaya yang masuk dan informasi yang dapat diambil untuk gambar tersebut, mirip seperti long-exposure pada kamera. Nah, fitur ini juga dilengkapi dengan stabilizernya sendiri, sehingga gambar yang diambil lebih terlihat stabil dan tidak terlalu banyak gerakan dan motion-blur yang mungkin terjadi.

Masuk kepada fitur video yang dimiliki oleh perangkat ini. Perangkat ini dapat merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) pada kamera belakangnya dengan nilai frame-per-second (banyaknya frame/gambar dalam satu detik) hingga 60fps. Selain itu, perangkat ini juga dapat mengambil video pendek super cepat hingga hitungan 480fps. Video ini nantinya dapat sobat gunakan untuk menciptakan video slow-motion hingga 16x dibandingkan dengan kecepatan normal yang lebih smooth dan baik.
Untuk contoh hasil foto yang diambil oleh perangkat ini, sobat dapat melihat beberapa gambar dari YangCanggih.com di tautan berikut.

Kesimpulan


Sebagai perangkat yang dilabeli sebagai perangkat beyond limits, Honor 8X ini benar dapat melampaui batas yang sebagian orang miliki. Dengan desain yang cantik, dual kamera dengan fitur yang kaya, layar besar dengan body yang kecil, memori dan baterai yang besar, serta performa Kirin 710 yang sangat baik mempu membuat perangkat ini melampaui batas untuk perangkat middle-end yang sudah melalang buana di pasar ponsel pintar Indonesia. Untuk harga perangkatnya sendiri, Honor memasarkan perangkat ini dengan harga Rp3,999,000 dan sobat dapat membelinya di tautan berikut.

Bagaimana menurut sobat? Apakah harga yang ditawarkan oleh perangkat ini sudah sangat worth it menurut sobat? Tuangkan semua ide dan uneg-uneg dan pertanyaan sobat di kolom komentar.

See ya!
---
Sumber gambar: Honor Official Website
Beberapa informasi tambahan: JalanTikus.com

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini