Langsung ke konten utama

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2015!

Fernayou Blog - Hai kawan FB, hari ini adalah hari spesial untuk kita semua, khususnya untuk para siswa di tanah air kita tercinta, Indonesia. Karena hari ini adalah Hari Pedidikan Nasional atau yang biasa disingkat HARDIKNAS. seperti yang kita tahu, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara nasional pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya, bertepatan dengan tanggal lahir Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. 


Semboyan dalam sistem pendidikan yang dipakainya kini sangat dikenal di kalangan pendidikan Indonesia. Secara utuh, semboyan itu dalam bahasa Jawa berbunyi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani ("di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan"). Semboyan ini masih tetap dipakai dalam dunia pendidikan rakyat Indonesia, terlebih di sekolah-sekolah Perguruan Tamansiswa. Beliau wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Meskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait. (Wikipedia)
---
Demikian, semoga bermanfaat, 
Selamat Hari Pendidikan Nasional, Maju Pendidikan Indonesia, Majulah Indonesia!

Komentar

Postingan populer dari blog ini