Langsung ke konten utama

Apa itu Privacy Policy? Dan Bagaimana Cara Membuat Halaman Privacy Policy di Blog?


Fernayou Blog - Hai kawan FB,
Kali ini saya akan membagikan tutorial yang sebenarnya sangat penting untuk suatu produk, misalnya Blog. Ya, kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat halaman Privacy PolicyPrivacy policy merupakan Kebijakan privasi dari sebuah blog maupun situs web yang tentunya dibuat oleh pemilik itu itu sendiri. Dengan membuat privacy policy dan menaruhnya dalam sebuah blog/web ini hal ini dapat menjadi dasar bahwa blog/web tersebut benar-benar akan ditekuni dan menjadi lebih baik dalam perkembanganya. Adanya kebijakan privasi ini, pembaca dapat mengetahui ketentuan-ketentuan atau kebijakan yang ada dalam blog/web tersebut sehingga para pembaca pun dapat mematuhi peraturan yang ada di privacy policy. Perlu diketahui juga bahwa privacy policy juga sangat dibutuhkan dalam rangka pendaftaran sebuah jasa iklan online seperti Google ad sense, atau pun iklan PPC lainya. Hal ini dikarenakan bahwa ketika blog anda sudah didaftarkan ke beberapa PPC hal utama yang diperhatikan oleh mereka salah satunya adalah privacy policy untuk mengetahui kebijakan-kebijakan dari blog anda.

Setelah mengetahui arti dari Privacy Policy, berikut ini saya membagikan cara membuat halaman Privacy Policy.

  1. Pertama, buka website Privacy Policy Online, dan scroll sedikit kebawah.
  2. Lalu, anda pasti akan melihat formulir seperti ini: Untuk no. 1, isi dengan Judul Blog agan. Untuk Nomor 2, isi dengan url Blog sobat. Untuk nomor 3, isi dengan teks yang akan ditampilkan untuk tulisan contact. Untuk nomor 4, isikan dengan email sobat. Untuk Email Encryption, berfungsi untuk mengenkripsi email yang ada di nomor 4. Untuk nomor 5 pilih Yes, jika website sobat menggunakan Cookies, dan jika sebaliknya, pilih No. Untuk nomor 6 pilih/centang semua 'partner' iklan yang sobat gunakan di blog sobat. Jika semuanya sudah selesai, pilih tombol Generate Policy (nomor 7).
  3. Lalu Anda akan pergi kehalaman baru. Copy tulisan yang ada disana, lalu pergi halaman home blog sobat di http://www.blogger.com, klik tanda panah kebawah disamping icon 'semua post', lalu klik tulisan Laman.


  4. Klik Laman Baru.


  5. Isi, untuk nomor 1 berikan judul untuk lamannya, misalnya Privacy Policy. Untuk nomor 2 paste tulisan yang tadi di copy di website Privacy Policy Online. Jika sudah, klik tombol Publikasikan (nomor 3).


  6. Selesai! Blog anda sudah memiliki halaman Privacy Policy.

---
Terima kasih telah berkunjung ke Fernayou Blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Kunjungi lagi ya... 😄😄
Catatan:
·         Jika anda tidak dapat melihat screenshot yang Fernayou Blog berikan, anda dapat memperbesarnya dengan cara mengklik screenshot tersebut.
·         Dan jika ada masalah pada tutorial ini, anda dapat langsung menanyakannya di komentar, kirim email kepada Fernayou Blog, atau ke kolom Contact.
·         Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini