Langsung ke konten utama

Cara Mengetahui Apakah Akun Anda Pernah Dibobol Hacker


Fernayou Blog - Hai sobat FB, how you doing?
Hacker. Mungkin bagi beberapa orang, mendengar kata ini akan sedikit menakutkan. Orang yang dapat menembus keamanan website dan komputer, dan dapat memodifikasi sistem hingga ia mendapatkan apa yang ia inginkan. Menurut Wikipedia Peretas (atau dalam bahasa Inggris Hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Jika Anda takut akun yang anda miliki sudah pernah disusupi hacker, Anda sedang membaca artikel yang benar. Jadi, di artikel ini saya akan membagikan cara mengetahui apakah akunmu pernah disusupi hacker atau tidak.

Why It's So Important?

Banyak orang, bahkan mungkin Anda yang menggunakan satu password lebih dari satu akun. Ini benar-benar berbahaya. Mungkin Anda akan lebih mudah mengingat satu password, namun jika SATU saja akun Anda berhasil dibobol oleh hacker, sudah pasti ia dapat membobol akun anda yang lain. Apalagi jika akun Anda yang berhasil dibobol itu adalah akun yang sangat penting, misalnya untuk perusahaan?

Untuk itu, disini saya akan membagikan cara untuk mengetahui apakah akunmu pernah berhasil dibobol oleh hacker atau tidak.

Jadi, Bagaimana Caranya?

Ok, caranya sangat sederhana. Pertama anda hanya harus menuju website Have I Been Pwned?

Lalu, ketik email address atau username yang ingin anda cek, lalu klik Pwned?

Jika muncul pesan Oh no - pwned! seperti dibawah, maka akun Anda pernah dibobol hacker. Untuk itu, Log-In ke akun anda, lalu ganti password akun tersebut. Jika memungkinkan, gunakan pengamanan ganda, misalnya verifikasi handphone, dsb.

Namun, jika muncul pesan Good news - no pwnage found! seperti dibawah, maka akun Anda tidak pernah dibobol hacker.

Jika Anda Menjadi Korbannya...

Seperti yang saya katakan tadi, Anda harus Log-In ke akun anda, lalu ganti password akun tersebut. Jika memungkinkan, gunakan pengamanan ganda, misalnya verifikasi handphone, dsb. Oh ya, selain itu, Anda dapat melihat detail akun yang pernah dibobol dengan mendaftarkan akun Anda di halaman ini untuk memverifikasikan bahwa Andalah pemilik akun tersebut..

Selain bisa melihat detail akun apa saja yang pernah di-hack, Anda juga bakal mendapatkan notifikasi di kemudian hari jika aktivitas hacking lain di akun Anda tersebut.
---

Bagaimana hasilnya? Apakah akun Anda pernah dibobol, atau tidak pernah? Share di kolom komentar ya... :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini