Langsung ke konten utama

Doodle Doodle Today: Perempuan Nyanyi

Hai kawan FB, apakabbsss...??!!
Ok, back to the topic, jika kawan FB membuka Google hari ini (26/03), maka soba akan menemukan ada seorang perempuan yang bernyanyi dengan anak-anak yang tertarik mendengarkan perempuan tersebut bernyanyi. Namun, siapakah perempuan tersebut hingga Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-109? Keep reading guys... ^^

Jadi, jika anda meng-hover mouse ke doodle Google hari ini, maka Google akan memberitahu bahwa hari ini mereka mengganti doodle mereka untuk merayakan ulang tahun ke-109 Saridjah Niung. Siapakah Saridjah Niung itu?

Jadi, menurut Wikipedia, Saridjah Niung memiliki nama lengkap Saridjah Nuing Bintang Soedibjo namun lebih dikenal dengan nama Ibu Soed. Lahir pada tanggal 26 Maret 1908 di Sukabumi, Jawa Barat dan meninggal pada tahun 1993 pada usia 85 tahun.

Saridjah Niung atau Ibu Soed ini adalah seorang pemusik, guru musik, pencipta lagi anak-anak, penyiar radio, dramawan, dan seniman batik Indonesia. Lagu-lagu yang diciptakannya sangat terkenal di kalangan pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak Indonesia. Sebut saja "Tik-tik", "Bunyi Hujan", "Hai Becak", "Menanam Jagung", "Burung Kutilang", "Nenek Moyang", dan "Kupu-kupu" beserta tak kurang dari 200 lagu karangannya yang masih sering dinyanyikan sebagai materi belajar di Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di Indonesia.

Selain itu, lagu-lagu perjuangan, sebut saja "Berkibarlah Benderaku", "Bendera Merah Putih", dan "Tanah Airku" juga merupakan lagu yang diciptakan oleh Ibu Soed. Lagu-lagu tersebut diciptakannya selama masa kolonial Belanda. Lagu-lagu ini juga menggambarkan bagaimana jiwa nasionalisme dari Ibu Soed.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai Ibu Soed. Tak heran mengapa Google memasang wajahnya di Google Doodle hari ini yang merupakan hari lahirnya.

SEMOGA BERMANFAAT, and I'll C U in the next article...
C YA!

Komentar

Postingan populer dari blog ini