Langsung ke konten utama

Hari Sumpah Pemuda 88: Pemuda Indonesia Menatap Dunia

Fernayou Blog - Salam Pemuda Indonesia!
Tepat pada hari ini, 28 Oktober 2016, kita semua sebagai rakyat Indonesia merayakan hari yang benar-benar spesial. Ya, hari ini adalah hari dimana sumpah pemuda diikrarkan oleh seluruh pemuda di seluruh Indonesia, dimana hari ini lebih dikenal sebagai hari Sumpah Pemuda.

Peringatan tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagaimana yang kita kenal hingga saat ini sebagai Sumpah Pemuda 1928, dengan mempersatukan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.


Berselang 88 tahun sejak 1928, perkembangan Indonesia sudah dapat banyak dilihat. Banyak pemuda-pemuda Indonesia yang memperlihatkan kreatifitasnya untuk pembangunan Indonesia. Dengan mengusung tema "Pemuda Indonesia Menatap Dunia" seolah memberitahukan kepada pemuda Indonesia, rakyat Indonesia, dan kepada seluruh dunia bahwa pemuda-pemuda di Indonesia sudah mulai berani memperlihatkan bahwa, INILAH KAMI, INDONESIA, NEGARA YANG BESAR!



Oh ya, membicarakan tentang pemuda Indonesia yang berani memperlihatkan diri kepada dunia, hari ini LAPAN akan meluncurkan pesawat tanpa awak (unamed aerial vehicle/UAV) Ai-X1 buatan dala negeri di Balau Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN, Pameungpeuk - Garut. Ekspedisi ini dinamakan Ekspedisi Menembus Langit.
Ekspedisi ini adalah yang pertama kalinya di Indonesia. Misi yang dibawa dari penerbangan UAV Ai-X1 ini adalah pencatatan data-data meteorologi seperti suhu, cuaca, angin, dan curah hujan. Nantinya data tersebut akan dibuat laporan penelitian stratosfer dan didistribusikan ke universitas yang terkait dengan bidang aeronautika. Tak hanya itu, laporan tersebut nantinya juga akan diolah menjadi laporan yang dapat dibaca juga oleh publik.

Data yang diperoleh akan menjadi data acuan untuk mendukung penelitian lebih lanjut serta memacu percepatan teknologi keantariksaan nasional. Data meteorologi juga akan dipakai untuk penelitian cuaca dan iklim Indonesia.
Diterbangkan dengan balon cuaca hingga ke ketinggian 30 km, UAV Ai-X1 yang telah dibekali sensor data meteorologi tersebut nanti akan berputar-putar di atas dengan mode Autopilot yang memungkinkannya untuk kembali ke titik awal atau return to home.
Pihak-pihak yang terlibat dalam proyek Menembus Langit ini terdiri dari beragam latar belakang profesi dan pendidikan. Mulai dari mereka yang ahli di bidang aeronautika hingga para pelaku UKM dan digital media pun turut terlibat demi kesuksesan proyek pertama menerbangkan pesawat tanpa awak ke stratosfer dari Indonesia ini.
Melalui misi ini, tim Menembus Langit hendak menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kita pun bisa membuat pesawat tanpa awak yang terbang menembus langit. Ini akan menjadi motivasi dan inspirasi para pelaku UKM dan start up untuk terus berinovasi. Dan tentunya akan memberikan inspirasi bagi Indonesia di bidang kedirgantaraan.
Sudah terlihat bukan? Indonesia adalah bangsa yang besar, dengan SDM dan SDA yang berlimpah. Kita hanya butuh mengembangkan SDM yang ada di Indonesia untuk membuat negara tercinta kita ini menjadi negara yang kuat. Mari kita wujudkan itu! SALAM PEMUDA INDONESIA!
---
Sumber artikel Menembus Langit: Teguh Jo

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini