Langsung ke konten utama

Melihat Pesona 2 dari 9 Air Terjun Lombok: Sendang Gile dan Tiu Kelep


Fernayou Blog - Fyuh... Akhirnya bisa didepan kompi juga... :v
Hai Kawan FB, kali ini saya akan membagikan artikel tentang Travel. Lagi-lagi, kali ini saya akan membagikan artikel Travel tentang pulau tempat tinggal saya... Pulau Lombok. Sebenarnya Pulau Lombok adalah pulau yang sangat indah, dengan dikelilingi oleh bermacam-macam pantai, tanjung, gili, hingga air terjun.

Yang kali ini akan saya bahas adalah pesona 2 dari 9 air terjun yang ada di Lombok, yaitu Sendang Gile dan Tiu Kelep. Mengapa saya menggabungkan dua air tejun ini? Karena, memang dua air terjun ini berada dalam satu kawasan, atau lebih tepatnya berdekatan. Dari Tempat parkir, ke Sendang Gil berjalan hanya sekitar 7 menit, lalu dari Sendang Gile ke Tiu Kelep, berjalan hanya sekitar 10-15 menitan... Memang jarak yang lumayan dekat.

Kedua air terjun ini  terletak di sisi sebelah Utara di kaki Gunung Rinjani. Yang juga merupakan bagian dari jalur pendakian. Secara administratif, Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di Desa Senaru, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Mengingat jaraknya yang cukup jauh, disarankan agar Anda menggunakan kendaran pribadi untuk mengunjungi wisata air terjun yang menakjubkan ini.
Air Terjun Tiu Kelep berada diatas Air Terjun Sendang Gile. Aliran Air Terjun Sendang Gile sendiri mengalir melewati tebing setinggi 30 Meter. Tebing yang teraliri air tersebut bertingkat-tingkat, serta tertutup oleh dedaunan hijau dan tumuhan paku. Nah, aliran air terjun yang menyatu dan melewati tebing yang tertutup rerimbunan tersebut membuat area di sekitarnya tertutup kabut tipis. Sesekali Anda akan melihat lengkungan pelangi di dekat air terjun. Aliran air dari Air Terjun Tiu Kelep kemudian mengalir menuju ke Air Terjun Sendang Gile.
Menurut masyarakat setempat, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa Suku Sasak yang berarti “Kolam Terbang”. Sedangkan nama Sendang Gile diambil dari legenda setempat. Legenda tersebut menceritakan seorang pangeran yang sedang dikejar oleh seekor singa gila. Kemudian pangeran tersebut bersembunyi di balik air terjun untuk menghindari kejaran singa. Akhirnya air terjun tersebut diberi nama Sendang Gile. Kedua air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, serta membuat tampak awet muda. Masyarakat setempat juga percaya bahwa aliran air terjun akan semakin besar jika orang-orang disekitarnya berbicara semakin keras.
Jika penasaran, anda dapat melihat beberapa foto berikut :D
Sendang Gile







Tiu Kelep


 

Video: Coming Soon
***
Beberapa Info: LombokIndonesia.org dan Wisata Lombok
---
Terima kasih telah mengunjungi... :D 
Semoga Bermanfaat... :D
Oh ya, hampir lupa, karena hari ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, maka saya selaku admin Fernayou Blog mengucapkan 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H
Mohon Maaf Lahir dan Batin :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini