Langsung ke konten utama

Handmadenesia, Satu Lagi Toko Daring untuk Pengrajin Indonesia

Fernayou Blog - Setelah kemarin kita mendapatkan kabar bahwa Qlapa, salah satu marketplace yang menyediakan berbagai produk dari pengrajin Indonesia telah mati, saya menemukan salah satu toko daring lagi yang menyediakan hal yang mirip bahkan hampir sama dengan Qlapa.com. Apa itu? Berikut ini adalah sedikit ulasannya.

Toko daring yang mau saya bahas disini bernama Handmadenesia. Handmadenesia sendiri adalah marketplace yang menyediakan tempat untuk menjual dan membeli barang-barang kerajinan dari pengrajin Indonesia. Dan salah satu yang unik adalah barang-barang tersebut merupakan barang-barang hand-made.

Jika sobat mencoba untuk berkunjung ke website ini, sobat akan melihat tampilan yang sederhana dengan beberapa iklan workshop yang mereka jalankan. Ya, salah satu hal yang unik dari layanan Handmadenesia ini adalah workshop tersebut. Selain dari barang-barang yang dapat kita jual dan beli, Handmadenesia juga memberikan edukasi untuk mengembangkan usaha kita, sebagian besar dalam bentuk produk. Selain dari iklan workshop tersebut, Handmadenesia juga memberikan beberapa iklan promo yang mereka berikan dengan bekerja sama dengan beberapa bank.

Di bawah highlight tersebut, sobat akan melihat beberapa produk yang diunggulkan. Produk-produk tersebut adalah dompet, pouch, dan sepatu. Jika sobat melihat produk-produk tersebut, mungkin sobat harus menahan diri. Terlihat bahwa produk dari Handmadenesia sebagian besar merupakan produk berkualitas. Handmade, dari Indonesia, tidak perlu diragukan lagi.

Di bawahnya, sobat akan melihat sebuah banner yang memberikan jalan pintas untuk sobat jika sobat memiliki produk handmade sobat sendiri dan ingin dijual disini. Nah, berjualan di Handmadenesia pun memiliki keuntungan, karena mereka mengklaim bahwa mereka tidak akan mengambil komisi apapun. Jika begitu, ini berarti 100% keuntungan yang sobat dapatkan dari berjualan di tempat ini akan menjadi milik sobat. Sepertinya menarik.

Secara keseluruhan, produk yang dijual pun mirip dengan Qlapa. Mulai dari sepatu, tas, hingga beberapa alat yang berhubungan dengan gadget, seperti misalnya tatakan untuk hp, dan sebagainya. Namun, salah satu kekurangan tempat ini menurut saya adalah tidak adanya spot makanan. Ya, mungkin spot tersebut bukan hal yang akan banyak dibeli. Namun, melihat ada satu toko daring yang menyediakan pusat makanan handmade, tradisional Indonesia, membuat saya merasa bahwa tempat itu sangatlah menarik. Itu dapat mempermudah kita untuk melakukan transaksi jual beli yang lebih baikd dan menguntungkan, ditambah lagi produsen makanan saya pikir lumayan banyak di Indonesia. Mungkin salah satu alasan tidak adanya kolom khusus makanan di tempat ini karena sifat makanan yang mungkin cepat basi. Namun, melihat dari banyak cara kita dapat mengawetkan makanan, dengan cara tradisional maupun dengan bahan kimia, sepertinya hal tersebut dapat kita katakan tidak dapat menjadi salah satu alasan.
Ya, memang, toko daring ini masih memiliki beberapa kekurangan. Namun, saya pikir ini adalah salah satu toko daring yang terbaik. Itu karena tampilan dan informasi yang diberikan untuk setiap produk sangatlah jelas. Oh ya, dengan cara pembayaran yang lumayan fleksibel, termasuk dengan pembayaran digital, seperti misalnya Go-Pay, membuat layanan ini semakin menarik.
Semoga dengan ini, layanan ini semakin dikenal dan membuat pengarjin Indonesia kembali mendapatkan tempat yang baik untuk memasarkan karya-karya mereka di ranah daring. Hal ini dapat saya katakan dapat meningkatkan pendapatan karena pembelinya sendiri bukan dari sekitar saja, melainkan dari seluruh Indonesia, bahkan mungkin luar negeri. Siapa yang tahu?

Dengan ini, saya pikir semangat #CintaProdukIndonesia dapat kembali berkibar. Sobat yang #CintaProdukIndonesia, khususnya dalam kerajinan yang diciptakan oleh pengrajin Indonesia, dapat kembali mendapatkan toko daring yang menjual hal-hal yang sobat inginkan.

Terima kasih, dan semoga bermanfaat!

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini