Langsung ke konten utama

Anargya: Mobil Balap Listrik dari ITS

Fernayou Blog - Beberapa tahun belakangan ini, sepertinya mulai terlihar revolusi teknologi besar-besaran yang terlahir. Banyak dari kita mulai memikirkan tentang perkembangan teknologi dan kestabilan alam. Perkembangan ini terlihat dari banyak produk yang mengedepankan kestablian alam, misalnya dengan mengganti bahan bakar dari bahan bakar minyak menjadi bahan bakar listrik. Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan listrik yang mulai banyak bertebaran di dunia. Selain itu, banyak juga orang yang mulai paham dan menggunakan listrik dari pembangkit listrik yang menggunakan energi terbaharukan. Tentu saja, dari banyaknya inovasi yang terlihat dari pekembangan teknologi ini tentu saja sangat menarik.

Nah, baru-baru ini, Indonesia juga tidak ingin ketinggalan dengan tren inovasi kendaraan listrik, khususnya kendaraan balap. Dalam hal ini, salah satu tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan produk mobil balap listrik. Produk mobil yang mereka kembangkan ini diberi nama Anargya, di ambil dari bahasa sansekerta yang berarti tanpa batas. Nama ini juga merupakan nama yang sama dari nama tim yang menciptakan mobil ini.

Salah satu hal yang menarik dari mobil ini adalah mobil ini akan memiliki fitur self-driving atau autonomous driving yang membuat mobil ini dapat berjalan tanpa bantuan manusia.
Oh ya, salah satu hal yang menarik dari tim ini adalah mereka sangat optimis akan mobil balap listrik ini. Tujuan terdekat mereka saat ini adalah kompetisi Formula SAE Japan 2019. Saya kutip dari website resmi Formula SAE Japan 2019, kompetisi ini adalah kompetisi yang fokus pada industri otomotif. Yang menarik adalah yang berkompetisi adalah para siswa. Dalam kompetisi ini, para siswa berkompetisi dalam planning, designing, dan manufacturing produk otomotif berdasarkan juga prinsip Monozukuri.
Untuk spesifikasi mobil ini sendiri, saya kutip dari halaman resmi tim ini, yaitu:
  • Dimension : 2.5m x 1.55 m x 0.979 m
  • Body & Frame : Hybrid Chasis (Monocoque&Tubular) 
  • Energy Storage : 148V, 5.9kWh Lithium Ferro Phosphate Prismatic Cell 
  • Electric Engine : 25kW BLDC Motor 
Nah, satu hal yang sangat disayangkan adalah mobil ini membutuhkan dana yang terbilang besar. Terhitung sekitar Rp 1.639.172.000. Jumlah yang sangat besar, sebenarnya. Nah, jika sobat ingin membantu tim Anargya ini untuk dapat memperlancar pengembangan produk ini, sobat dapat membantu untuk berdonasi melalui situs KitaBisa. Jika sobat tertarik untuk ikut berdonasi, sobat dapat menuju link berikut: DONASI SEKARANG.

Selain itu, sobat juga dapat menjadi sponsor untuk produk ini. Jika sobat tertarik, sobat dapat menuju link beriku: HALAMAN RESMI TIM ANARGYA.
---
Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat.
---

Komentar

Get 20% Off for Every MatteBlackEverythin Product by Using Discount Code MBENF20

Postingan populer dari blog ini